1.300 Personil Gabungan Siap Amankan Nataru, Tim Jihandak Brimob Ikut Terjun

Polresta Bogor Kota menggelar apel gelar pasukan operasi kepolisian terpusat Lilin 2023 untuk pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

1.300 Personil Gabungan Siap Amankan Nataru, Tim Jihandak Brimob Ikut Terjun
Kapolresta Bogor Kota Kombes Polisi Bismo Teguh Prakoso

INILAHKORAN, Bogor - Polresta Bogor Kota menggelar apel gelar pasukan operasi kepolisian terpusat Lilin 2023 untuk pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Alun-Alun Kota Bogor, Kecamatan Bogor Tengah pada Kamis 21 Desember 2023. 

Operasi Lilin ini mengerahkan sebanyak 1.300 personel gabungan dari Polri, TNI dan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor.

"Kegiatan ini adalah bagian dari kesiapan kami dari Polri bersama dengan TNI, instansi terkait dan elemen masyarakat mengamankan wilayah Kota Bogor pada pelaksanaan ibadah Natal dan liburan Tahun Baru," ungkap Kapolresta Bogor Kota Kombes Polisi Bismo Teguh Prakoso.

Baca Juga : Inilah Penyebab Pasien DBD di Kabupaten Bogor Menurun pada 2023

Bismo memaparkan, selain tempat ibadah gereja, pengamanan untuk memberikan kenyamanan terhadap masyarakat juga dilakukan di tempat wisata dan kuliner, termasuk rumah kosong yang ditinggal mudik di Kota Bogor.

"Jadi Operasi Lilin ini mengerahkan sebanyak 1.300 personel gabungan dari Polri, TNI dan Pemkot Bogor dengan enam pos pengamanan dan satu pos pelayanan. Untuk pengamanan gereja dari hasil rapat koordinasi lintas sektoral juga akan mendayagunakan petugas pengamanan dalam," paparnya.

"Petugas pengamanan dalam ini harus peka dan berani menegur ketika ada kecurigaan. Misalnya ada orang jarang datang, tiba-tiba datang boleh untuk menegur dari mana. Atau ketika membawa barang bawaan boleh mempersilahkan untuk membukanya dalam rangka pengamanan," tegas Bismo.

Baca Juga : Ketua BK DPRD Kota Bogor Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa di Desa Purasari

Bismo menjelaskan, pihaknya ingin memastikan keamanan dalam perayaan Natal, sehingga akan dilakukan sterilisasi gereja dengan melibatkan tim Jihandak Satuan Brimob.

Halaman :


Editor : Ahmad Sayuti