200 Kepala Desa di Majalengka Dapat Pencerahan Terkait Literasi Keuangan dari OJK KR 2 Jabar

Sebanyak 200 kepala desa di Majalengka mendapat pengetahuan terkait literasi dan inklusi keuangan dari Otoritas Jasa Keuangan Kantor Regional 2 atau OJK KR 2 Jabar. 

200 Kepala Desa di Majalengka Dapat Pencerahan Terkait Literasi Keuangan dari OJK KR 2 Jabar
Kepala OJK KR 2 Jabar Indarto Budiwitono mengatakan, edukasi terkait keuangan kepada 200 kepala desa di Majalengka itu dilakukan lantaran para kepala desa merupakan garda terdepan dalam penyebaran informasi kepada para warganya. (istimewa)

INILAHKORAN, Majalengka - Sebanyak 200 kepala desa di Majalengka mendapat pengetahuan terkait literasi dan inklusi keuangan dari Otoritas Jasa Keuangan Kantor Regional 2 atau OJK KR 2 Jabar

Kepala OJK KR 2 Jabar Indarto Budiwitono mengatakan, edukasi terkait keuangan kepada 200 kepala desa di Majalengka itu dilakukan lantaran para kepala desa merupakan garda terdepan dalam penyebaran informasi kepada para warganya. 

Edukasi yang digelar OJK KR 2 Jabar kepada 200 kepala desa di Majalengka di Universitas Majalengka itu pun disertai penandatanganan kerja sama pengelolaan keuangan desa secara online antara Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Majalengka dengan bank bjb. 

Baca Juga : Digitalisasi UMKM, Indosat Business Andalkan Platform IDE untuk Naik Kelas

Indarto menuturkan, penggunaan produk dan jasa keuangan merupakan salah satu yang tidak terlepaskan dalam kehidupan sehari-hari dan kemajuan teknologi memungkinkan penyedia layanan keuangan untuk menghadirkan produk dan jasa keuangannya secara lebih cepat, fleksibel dan efisien. 

Namun, perlu diwaspadai risiko yang timbul yakni kurangnya pengetahuan yang dapat membawa kepada keputusan pemilihan produk yang salah, tidak sesuai kebutuhan dan malah merugikan. Untuk itu, literasi keuangan harus ditingkatkan agar terhindar dari risiko-risiko tersebut.

Hasil Survei Nasional Literasi Inklusi Keuangan 2022 menunjukkan indeks literasi keuangan masyarakat Jabar sebesar 56,10%. Aangka tersbeut naik dibanding 2019 yang hanya 37,43%. 

Baca Juga : Eksplorasi Kawasan Gunung Padang, BCA Bakal Sulap 10 Desa Wisata Mitra jadi Destinasi Kelas Dunia 

"Hal ini tidak terlepas dari kontribusi seluruh pihak untuk membantu menyampaikan pemahaman kepada masyarakat terkait produk dan jasa keuangan," tambahnya, akhir pekan lalu.

Halaman :


Editor : donramdhani