35.616 Petugas KPPS Dilantik, KPU KBB Antisipasi Gugurnya Pahlawan Demokrasi 

Sebanyak 35.616 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kabupaten Bandung Barat (KBB) dilantik KPU KBB secara serentak yang dipusatkan di Kecamatan Padalarang, Ngamprah, Cikalongwetan, Sindangkerta, Rongga, dan desa masing-masing. 

35.616 Petugas KPPS Dilantik, KPU KBB Antisipasi Gugurnya Pahlawan Demokrasi 
Secara keseluruhan, KPU KBB menyebutkan para petugas KPPS tersebut tersebar di 16 kecamatan, 165 desa, dan 5.088 TPS di KBB. (agus satia negara)

INILAHKORAN, Ngamprah - Sebanyak 35.616 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kabupaten Bandung Barat (KBB) dilantik KPU KBB secara serentak yang dipusatkan di Kecamatan Padalarang, Ngamprah, Cikalongwetan, Sindangkerta, Rongga, dan desa masing-masing. 

Secara keseluruhan, KPU KBB menyebutkan para petugas KPPS tersebut tersebar di 16 kecamatan, 165 desa, dan 5.088 TPS di KBB.

"Hari ini kita serentak melaksanakan pelantikan 35.616 anggota KPPS tersebar di 16 kecamatan dan 165 desa dan 5.088 TPS.Ini dilaksanakan di 5 titik. Dari lima titik ini jumlahnya lebih dari seribu orang. Selain itu dilaksanakan di masing-masing desa oleh PPS," kata kata Ketua KPU KBB Ripqi Ahmad Sulaeman saat ditemui usai pelantikan petugas KPPS di Ikea Padalarang, Kamis 25 Januari 2024.

Baca Juga : Ini Alasan Dadang Supriatna Naikkan Insentif Babinsa dan Danramil

Menurutnya, para petugas KPPS ini disiapkan sebagai salah satu langkah antisipasi untuk mencegah kasus kematian para pahlawan demokrasi pada Pemilu yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 mendatang.

Seperti diketahui, jumlah petugas penyelenggara pemilu secara nasional yang meninggal dunia pada Pemilu 2019 lalu mencapai 894 orang dan 5.175 petugas mengalami sakit. Sedangkan untuk di Bandung Barat, jumlah petugas KPPS yang meninggal dunia mencapai 10 orang. 

"Data tahun 2019 itu ada 10 orang petugas KPPS meninggal dunia. Mayoritas lansia dan memiliki penyakit bawaan atau komorbid," ujarnya.

Baca Juga : Dilakukan Berbarengan, Panwascam Cimahi Tengah Khawatirkan Reses Disisipi Kampanye

Mengantisipasi peristiwa tersebut terulang kembali, sambung Ripqi, pihaknya mewajibkan calon petugas KPPS yang mendaftar untuk melakukan medical check up.

Halaman :


Editor : Doni Ramdhani