73 Persen Jalan di Jabar Rusak, DPRD Jabar Sebut Perlu Ada Suntikan Dana

Anggota DPRD Jabar menyebut Program Jalan Mulus membutuhkan suntikan dana lebih untuk menangani 73 persen jalan di Jabar.

73 Persen Jalan di Jabar Rusak, DPRD Jabar Sebut Perlu Ada Suntikan Dana
Sekitar 73 persen jalan di Jabar rusak, DPRD Jabar menyebut perlu ada suntikan dana.

INILAHKORAN, Bandung – Anggota Komisi IV DPRD Jabar Daddy Rohanady menyebut Program Jalan Mulus membutuhkan suntikan dana untuk menangani 73 persen jalan di Jabar rusak.

Dia mengatakan, dengan situasi kondisi jalan yang mencapai 450 kilometer atau sekitar 73 persen jalan di Jabar rusak itu kucuran dana dari APBD 2023 hanya Rp1,150 triliun. DPRD Jabar meyakini dalam dua tahun jalan yang diperbaiki itu sudah akan rusak kembali.

“Kami menyayangkan, biasanya Rp1,5 triliun sekarang cuma kebagian Rp1,150 triliun. Berkurang sangat signifikan. Sementara 73 persen jalan di Jabar rusak. Butuh rehabilitasi menyeluruh. Dengan anggaran segitu, paling cuma dapat beberapa kilometer saja. Pemeliharaan saja yang dapat dilakukan dan dengan hitungan dua tahun habis, 73 persen itu sudah rusak lagi. Hancur jalan kita,” ujar Daddy kepada INILAHKORAN di DPRD Jabar, Senin 8 Agustus 2022.

Baca Juga: Salurkan Bantuan untuk Santri dan Dhuafa, JNE Gandeng Wakaf Salman

Sebelumnya, Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR) Bambang Tirtoyuliono mengakui ada penurunan anggaran yang cukup besar. Kebutuhan anggaran sebesar Rp1,9 triliun untuk menyelesaikan 73 persen jalan di Jabar rusak hanya direalisasikan Rp1,150 triliun.

Kendati demikian, dia tetap optimistis dapat menuntaskan penanganan jalan rusak melalui beberapa strategi, yakni dengan koordinasi ke Bappenas, Kementerian PUPR dan Bappeda Jabar terkait pembiayaan anggaran.

Halaman :


Editor : inilahkoran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita inliahkoran.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaGNP8EKrWR5pVfYAU1C
Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.