Jaringan Infrastruktur Pasif Telekomunikasi Sepanjang 274 Km di Kota Bandung Mulai Dibangun  

Proyek jaringan infrastruktur pasif telekomunikasi sepanjang 274 km di Kota Bandung mulai dibangun Pemkot Bandung, Jumat 21 Juni 2024.

Jaringan Infrastruktur Pasif Telekomunikasi Sepanjang 274 Km di Kota Bandung Mulai Dibangun  
Terkait proyek jaringan infrastruktur pasif telekomunikasi sepanjang 274 km di Kota Bandung tersebut Pemkot Bandung bekerja sama dengan PT Bandung Infra Investama (BII) dan PT Jaringan Pintar Bersama (JPB). (istimewa)

INILAHKORAN, Bandung - Proyek jaringan infrastruktur pasif telekomunikasi sepanjang 274 km di Kota Bandung mulai dibangun Pemkot Bandung, Jumat 21 Juni 2024.

Terkait proyek jaringan infrastruktur pasif telekomunikasi sepanjang 274 km di Kota Bandung tersebut Pemkot Bandung bekerja sama dengan PT Bandung Infra Investama (BII) dan PT Jaringan Pintar Bersama (JPB).

Merujuk pada PP Nomor 46/2021 tentang Postelsiar, infrastruktur pasif telekomunikasi merupakan bangunan di atas dan bawah tanah sebagai sarana penunjang menempatkan perangkat telekomunikasi. Beberapa contoh jaringan infrastruktur pasif telekomunikasi sepanjang 274 km di Kota Bandung itu di antaranya gorong-gorong (ducting), menara, tiang, lubang kabel (manhole), dan terowongan (tunnel).

Baca Juga : Dicky Saromi Bilang Usia ke-23 Tahun Kota Cimahi Serupa dengan Golden Age

Direktur Utama PT BII Asep Wawan Darmawan menjelaskan, pembangunan jaringan infrastruktur pasif telekomunikasi sepanjang 274 km di Kota Bandung itu akan berlangsung selama tiga tahun hingga Mei 2027. 

"Ini adalah langkah besar untuk mengurangi kabel udara di kota ini, memperindah estetika kota, dan meningkatkan efisiensi pengelolaan jaringan telekomunikasi," kata Asep.

Ia menyampaikan, proyek jaringan infrastruktur pasif telekomunikasi sepanjang 274 km di Kota Bandung itu akan mendukung penempatan perangkat telekomunikasi, mempercepat transformasi Kota Bandung menuju smart city, dan meningkatkan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE).

Baca Juga : 10 Hari Operasi Libas Lodaya 2024, Sat Reskrim Polres Cimahi dan Polsek Bekuk 20 Tersangka Curas dan Curat di KBB-Cimahi

“PT BII dan JPB akan bekerja sama dengan Pemkot untuk memastikan proyek ini berjalan lancar dan sesuai jadwal,” ucapnya.

Halaman :


Editor : Doni Ramdhani