PMI Kota Bandung Pastikan Ketersediaan Stok Darah Aman

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung memastikan, stok darah aman di PMI untuk memenuhi kebutuhan permintaan darah di Kota Bandung.

PMI Kota Bandung Pastikan Ketersediaan Stok Darah Aman
Kepala Bagian Unit Transfusi Darah PMI Kota Bandung Prisen Purwanto Nasibu/Yogo Triastopo Inilahkoran

INILAHKORAN, Bandung - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung memastikan, stok darah aman di PMI untuk memenuhi kebutuhan permintaan darah di Kota Bandung.

Hanya memang dikatakan Kepala Bagian Unit Transfusi Darah PMI Kota Bandung Prisen Purwanto Nasibu, stok darah jenis PRC golongan A perlu menjadi perhatian bersama.

"Secara umum stok aman. Hanya untuk stok golongan darah A ini minim. Saat ini hanya memiliki stok dua labu saja, karena jumlah penderma golongan A tidak seimbang dengan yang membutuhkan," kata Prisen Purwanto Nasibu, Selasa 15 Agustus 2023.

Menyikapi hal itu, Prisen Purwanto Nasibu menyebut bahwa PMI Kota Bandung terus gencar melakukan sosialisasi, penyuluhan maupun pengumuman informasi. 

Baca Juga : Kena Imbas Gas Air Mata, Bayi 8 Bulan di Dago Elos Diamankan di Atap Rumah

"Sosialisasi terus kita lakukan. Misal mengirim pesan singkat, mengajak penderma yang sejauh ini rutin mendermakan darah. Kita pun rutin melakukan jemput bola dengan melakukan pelayanan keliling ke berbagai titik di Kota Bandung," ucapnya.

Adapun ketersediaan stok golongan darah jenis PRC lainnya, ditambahkan Prisen yakni 54 labu untuk golongan darah jenis B, dan 78 labu untuk golongan darah jenis 0.

"Sementara golongan darah AB kosong. Tetapi untuk jenis AB ini memang langka yang membutuhkan. Per 14 Agustus 2023, golongan darah B dan O yang paling aman. Stok jenis darah lainnya yakni 1.033 labu untuk fresh frozen plasma (FFP)," ujar dia. *** (Yogo Triastopo)

Baca Juga : DAGO Mencekam, Semalam Warga vs Polisi Bentrok Dekat Terminal


Editor : Ahmad Sayuti