Tekan Laju Pengangguran, Asmawa Tosepu Revitalisasi Pendidikan dan Pelatihan Vokasi Kabupaten Bogor

Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu melantik ketua dan pengurus tim loordinasi daerah revitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi Kabupaten Bogor.

Tekan Laju Pengangguran, Asmawa Tosepu Revitalisasi Pendidikan dan Pelatihan Vokasi Kabupaten Bogor
Asmawa Tosepu (kanan) menuturkan, pendidikan dan pelatihan vokasi Kabupaten Bogor itu tidak terlepas dari angka pengangguran di Bumi Tegar Beriman yang jumlahnya mencapai 8,7 persen dari total jumlah penduduk Kabupaten Bogor. (reza zurifwan)

INILAHKORAN, Bogor - Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu melantik ketua dan pengurus tim loordinasi daerah revitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi Kabupaten Bogor.

Asmawa Tosepu menuturkan, pendidikan dan pelatihan vokasi Kabupaten Bogor itu tidak terlepas dari angka pengangguran di Bumi Tegar Beriman yang jumlahnya mencapai 8,7 persen dari total jumlah penduduk Kabupaten Bogor.

"Tingginya angka pengangguran itu terjadi tidak hanya terbatasnya lapangan kerja, tetapi karena kurang kompetensi calon pekerja. Hingga kita harus merevitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi Kabupaten Bogor," kata Asmawa Tosepu, Jumat 21 Juni 2024.

Baca Juga : Di Rapat Paripurna, Anggota DPRD Kabupaten Bogor Ini Minta Asmawa Tosepu Hentikan Beroperasinya TPS Liar di Rumpin

Dia menuturkan, dengan terbentuknya Tim Koordinasi Daerah Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi Kabupaten Bogor diharapkan bisa menghasilkan calon pekerja yang berkompeten dan itu dibuktikan dengan terbitnya sertifikasi atas nama calon pekerja tersebut.

"Sesuai amanat Peraturan Menteri Kordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 5 Tahun 2023, maka dengan terbentuknya Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi Kabupaten Bogor, maka kita bisa menghasilkan calon pekerja yang berkompeten sesuai dengan yang dibutuhkan oleh lapangan kerja. Tim ini terdiri dari Kadin, praktisi, guru, dosen atau profesional," tutur Asmawa Tosepu.

Sementara itu, Ketua Kadin Jabar Cucu Sutara menginginkan pendidikan dan pelatihan vokasi Kabupaten Bogor bisa menjadi proyek percontohan di Jabar.

Baca Juga : Hanya Butuh 3,5 Jam, Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Sukses Tangani Kebocoran Pipa di Perempatan Cimahpar 

"Saya mau lapangan kerja di Kabupaten Bogor dan Jawa Barat ini bisa diisi oleh SDM kita sendiri. Semoga tim yang terbentuk ini bisa bersinergi dan berkolaborasi hingga menghasilkan SDM calon pekerja yang unggul dan maju," ucap Cucu.

Halaman :


Editor : Doni Ramdhani