Ternyata Jin Bisa Membunuh Manusia?

TERDAPAT riwayat, bahwa sahabat Sad bin Ubadah radhiyallahu anhu meninggal karena dipanah oleh jin. Namun riwayat ini diperselisihkan kebenarannya.

Ternyata Jin Bisa Membunuh Manusia?

TERDAPAT riwayat, bahwa sahabat Sad bin Ubadah radhiyallahu anhu meninggal karena dipanah oleh jin. Namun riwayat ini diperselisihkan kebenarannya.

Ibnu Abdil Bar menceritakan kisah kematian sahabat Sad bin Ubadah, "Para ahli sejarah bersepakat bahwa beliau ditemukan telah meninggal di tempat mandinya, dan jasadnya telah menghijau."

Kemudian, Ibnu Abdil Bar mengatakan, "Mereka tidak ada yang tahu tentang kematian Sad bin Ubadah, hingga mereka mendengar ada sosok tanpa jasad yang mengucapkan bait syair: "Kami telah membunuh pemuka Khazraj, Sad bin Ubadah. Kami lempar dia dengan tombak, dan tidak meleset dari jantungnya." (al-Istiab fi Marifah al-As-hab, hlm. 180).

Baca Juga : Tersingkapnya Aurat, Salat Batal dan Diulangi?

Hanya saja, beberapa ulama ahli hadis menilai kisah ini statusnya lemah. Diantaranya, Syaikhul Islam dalam Minhajus Sunah (8/581), dan Imam al-Albani. Alasan bahwa kisah ini lemah,

[1]. Secara sanad, keterangan ini lemah. Ketika menyebutkan keterangan Ibnu Abdil Bar, Imam al-Albani mengatakan, "Namun aku tidak menjumpai sanad yang sahih sesuai dengan metode para ahli hadis. Disebutkan oleh Ibnu Asakir dari Ibnu Sirin secara Mursal, dan Rijalnya tsiqah. (Irwa al-Ghalil, 1/95)

[2]. Andai info itu benar, dalam arti, suara itu benar-benar ada dan didengar oleh orang yang di sekita Sad bin Ubadah, ini belum cukup untuk dijadikan dasar bahwa beliau meninggal karena dibunuh jin. Karena bisa saja, jin berdusta kemudian dia ngaku-ngaku telah membunuh Sad radhiyallahu anhu. dan info dari jin tidak bisa diterima 100% kebenarannya.

Baca Juga : Terlanjur Pamer Aurat di Sosial Media

Jin bisa bertindak jahat kepada manusia

Halaman :


Editor : Bsafaat