1.014 Personil Gabungan Siap Amankan Bogor Street Fest CGM

Sebanyak 1.014 personel gabungan terdiri dari Polri, TNI dan Pemerintah Kota Bogor akan diturunkan untuk mengamankan Bogor Street Fest Cap Go Meh (CGM) yang akan digelar 5 Februari 2023 nanti. 

1.014 Personil Gabungan Siap Amankan Bogor Street Fest CGM
Sebanyak 1.014 personel gabungan terdiri dari Polri, TNI dan Pemerintah Kota Bogor akan diturunkan untuk mengamankan Bogor Street Fest Cap Go Meh (CGM) yang akan digelar 5 Februari 2023 nanti. /Rizki Mauludi
INILAHKORAN, Bogor - Sebanyak 1.014 personel gabungan terdiri dari Polri, TNI dan Pemerintah Kota Bogor akan diturunkan untuk mengamankan Bogor Street Fest Cap Go Meh (CGM) yang akan digelar 5 Februari 2023 nanti. 
"Polri, TNI, bersama Dinas Perhubungan (Dishub) juga Satpol siap untuk mengamankan Bogor Street Fest CGM. Ada 1.014 personel gabungan yang dilibatkan," ungkap Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso saat jumpa pers di Balai Kota Bogor pada Selasa (31/1/2023) sore.
Bismo melanjutkan, kegiatan di lokasi acara dimulai dengan sterilisasi Jalan Suryakencana pukul 13.00 WIB atau dua jam sebelum agenda pembukaan pada 15.00 WIB. 
"Jalan Suryakencana pukul 13.00 WIB hari Minggu ditutup dengan dipasang beton dan water barrier. Kemudian plotting anggota untuk mengamankan, termasuk ada tim penjinak bom untuk sterilisasi," tuturnya.
Bismo menjelaskan, pihaknya juga menyiagakan mobil pengurai massa (Raisa) Polresta Bogor Kota, termasuk ambulance beserta dengan tenaga medis dari Dinas Kesehatan (Dinkes). Selain itu, pihak kepolisian juga menempatkan sejumlah anggota satuan reserse kriminal untuk mengantisipasi kerawanan kejahatan, seperti aksi pencopetan di area acara. 
"Untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan di pusat kota, Polresta Bogor Kota sudah bekerja sama dengan pihak Jasa Marga. Jadi apabila kemacetan itu sudah mencapai bibir tol Bogor Kota itu bisa dilakukan pengalihan ke exit tol Bogor Selatan Summarecon. Sehingga lalu lintas tetap berjalan dan di sekitar lokasi tidak terlalu macet," jelasnya.
Bismo menambahkan, dalam waktu dekat atau 2 Februari nanti Satlantas Polresta Bogor Kota bersama dengan Dishub akan menyampaikan informasi ke masyarakat terkait pengalihan arus lalu lintas, termasuk kantong parkir.
"Intinya kami siap untuk mengamankan jalannya Bogor Street Fest CGM," tambahnya.
Sementara Kepala Bidang Lalu Lintas pada Dishub Kota Bogor Dody Wahyudin menambahkan, ada beberapa kantong parkir yang dipersiapkan bagi pengunjung Bogor Street Fest CGM. Kantong parkir tersebut terdapat di pusat perbelanjaan Mal BTM dan Botani Square, dan Ekalokasari. Disamping itu, pada titik-titik ruas Jalan Juanda dan Bogor Creative Center (BCC). 
"Dari hitungan Dishub, seluruh kantong parkir tersebut memiliki kapasitas antara 700 sampai 1.000 satuan ruang parkir (SRP). Namun demikian, kami telah menyiapkan antisipatif apabila kantong parkir yang ada tidak mencukupi dari sisi kapasitasnya," tambahnya.
"Kami akan antisipasi dengan titik-titik kantor perbankan di sekitar ruas Jalan Juanda. Kami masih koordinasi untuk ini. Tapi dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya kantong parkir di Mal BTM, Botani Square, ruas Jalan Juanda dan BCC itu sudah mampu mendukung dan menampung parkir yang ada," pungkas Dody.*** (Rizki Mauludi)


Editor : JakaPermana