Awas Syirik Kecil Saat Istri Hamil, Biasanya Soal Pantangan

NASIHAT untuk para suami. Janganlah terjebak syirik-syirik yang tanpa disadari dilakukan ketika istri sedang hamil.

Awas Syirik Kecil Saat Istri Hamil, Biasanya Soal Pantangan

NASIHAT untuk para suami. Janganlah terjebak syirik-syirik yang tanpa disadari dilakukan ketika istri sedang hamil. 

Salah satunya, larangan untuk suami berbuat atau mengerjakan hal tertentu yang diyakini bisa mengganggu proses kehamilan sang istri. Misal, suami dilarang menyembelih hewan ketika istri hamil karena khawatir bayi dalam kandungan menjadi cacat. Atau, suami juga dilarang memancing ikan karena bisa membuat bayi dalam kandungan tidak terlahir dengan sempurna.

Keyakinan-keyakinan di atas telah menyebar luas di masyarakat. Dan hal ini, jelas masuk kategori syirik kecil.

Baca Juga : Melihat Aurat Lewat Tayangan Film

Berikut ini, penjelasan dari Ustaz Ammi nur Baits terkait syirik kecil di balik kehamilan istri dalam artikelnya di konsultasisyariah.com:

Kita punya kaidah, meyakini sesuatu sebagai sebab terhadap sesuatu yang lain, padahal tidak memiliki hubungan sebab akibat, baik secara ilmiah maupun syariah maka termasuk perbuatan syirik kecil. Dalam konteks ini, orang yang berkeyakinan, membunuh binatang saat istri hamil bisa menyebabkan janin cacat, dihadapkan pada dua tantangan:

Pertama, apakah ini terbukti secara ilmiah? Adakah keterangan ahli genetika atau ilmu terkait lainnya yang secara ilmiah menjelaskan hubungan demikian? Jika tidak, kita berpindah pada tantangan kedua, adakah dalil yang shahih, baik dari Alquran maupun hadis yang menjelaskan hal tersebut?

Baca Juga : Hukum Onani karena Istri Lagi Hamil Tua

Jika kedua tantangan ini tidak terpenuhi, berarti mitos itu sama sekali tidak terbukti secara ilmiah, dan meyakininya termasuk syirik kecil. Dan perlu Anda ingat baik-baik, meskipun kesalahan ini termasuk syirik kecil, tapi dosanya sangat besar karena itu, segera tinggalkan keyakinan ini. Allahu alam


Editor : Bsafaat