Belum Lulus SNBT, Itenas Bisa Menjadi Pilihan Kuliah Tanpa Tes

Hasil seleksi nasional berbasis tes (SNBT) sudah diumumkan pada Kamis 13 Juni 2024. Ada yang berhasil meraih hasil di PTN, tetapi ada juga yang perlu berjuang lebih giat lagi.

Belum Lulus SNBT, Itenas Bisa Menjadi Pilihan Kuliah Tanpa Tes

INILANKORAN, Bandung - Hasil seleksi nasional berbasis tes (SNBT) sudah diumumkan pada Kamis 13 Juni 2024. Ada yang berhasil meraih hasil di PTN, tetapi ada juga yang perlu berjuang lebih giat lagi.

Bagi yang belum beruntung, tidak perlu khawatir untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Institut Teknologi Nasional Bandung (Itenas) memiliki kualitas yang tidak perlu diragukan karena telah terakreditasi unggul, baik akreditasi institusi maupun akreditasi program studi.

"Ditambah lagi dengan diraihnya peringkat ke-3 PTS terbaik se-Jawa Barat dan peringkat ke-15 PTS terbaik se-Indonesia dalam times higher education (THE) impact rankings 2024, membuat Itenas Bandung menjadi pilihan tepat untuk berkuliah," kata Kepala Bagian Pemasaran BKHP Itenas Arsyad Ramadhan Darlis, Jumat 14 Juni 2024.

Baca Juga : Belajar Kelola Sampah Lewat Baca Sajak di TPST Baksil

Dikemukakan ia, Itenas Bandung membuka jalur nilai UTBK-SNBT hingga 20 Agustus 2024. Pendaftar cukup menggunakan sertifikat nilai hasil UTBK-SNBT saat mendaftar dan tidak perlu mengikuti tes. Untuk mendaftar, dapat mengakses http://pmb.itenas.ac.id dan pilih menu “Jalur UTBK-SNBT”.

Tidak hanya jalur nilai UTBK-SNBT saja, Itenas Bandung juga membuka empat jalur penerimaan lainnya yang bisa diikuti. Mulai dari Ujian Saringan Masuk (USM), One Day Test (ODT), Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMdK), hingga Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

"Untuk jalur USM, saat ini Itenas Bandung membuka pendaftaran gelombang ketiga dengan batas akhir 23 Juni 2024. Jalur ini merupakan tes tertulis yang dilaksanakan secara daring," ucapnya.

Baca Juga : Ribuan Mahasiswa di Kota Bandung Nonton Bareng Film Pendiri HMI Lafran Pane

Selain USM, jalur ODT juga merupakan jalur tes tertulis. Yang menjadi pembeda yakni waktu pelaksanaan ujiannya. Jika USM dilaksanakan di periode waktu tertentu untuk tes dan hasilnya, ODT dilaksanakan setiap hari dan jam kerja serta hasil ujiannya dapat keluar sehari setelah tes.

Halaman :


Editor : Ahmad Sayuti