Daop 2 Bandung Manfaatkan Face Recognition Boarding Gate di Stasiun Bandung

Di Stasiun Bandung, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menghadirkan inovasi teknologi gerbang akses masuk berupa face recognition boarding gate. 

Daop 2 Bandung Manfaatkan Face Recognition Boarding Gate di Stasiun Bandung
Manager Humas Daop 2 Bandung Mahendro Trang Bawono mengatakan, inovasi itu untuk mempermudah layanan pelanggan KA jarak jauh naik kereta api. Kehadirannya meningkatkan fasilitas dan pelayanan di area stasiun. Pada 2022 kemarin, Daop 2 Bandung mengujicobakan fasilitas face recognition boarding gate di Stasiun Bandung. (istimewa)

INILAHKORAN, Bandung - Di Stasiun Bandung, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menghadirkan inovasi teknologi gerbang akses masuk berupa face recognition boarding gate

Manager Humas Daop 2 Bandung Mahendro Trang Bawono mengatakan, inovasi itu untuk mempermudah layanan pelanggan KA jarak jauh naik kereta api. Kehadirannya meningkatkan fasilitas dan pelayanan di area stasiun. Pada 2022 kemarin, Daop 2 Bandung mengujicobakan fasilitas face recognition boarding gate di Stasiun Bandung

“Dengan alat yang dipasang sebelum masuk Stasiun Bandung itu, face recognition boarding gate bertujuan untuk mempermudah pelanggan naik kereta api tanpa perlu repot-repot menunjukan berbagai dokumen seperti boarding pass fisik, e-boarding pass, KTP, ataupun dokumen vaksinasi,” kata Mahendro, akhir pekan lalu.

Baca Juga : Angkat Suara Soal Polemik Penarikan Retribusi di Pasar Panorama Lembang, Begini Kata Hengki Kurniawan 

Menurutnya, alat tersbeut merupakan fasilitas layanan boarding yang dilengkapi dengan kamera yang berfungsi untuk mengidentifikasi dan validasi identitas seseorang melalui wajah yang datanya sudah diintegrasikan dengan data tiket kereta yang dimiliki hingga status vaksinasi pelanggan.

Dia menjelaskan, untuk menikmati fasilitas tersebut pelanggan harus melakukan satu kali registrasi di awal yang berlaku untuk selamanya. Registrasi dilakukan dengan menempelkan e-KTP pada alat e-KTP reader kemudian menempelkan jari telunjuk kanan atau kiri pada pemindai yang ada di e-KTP reader.

“Jika sudah melakukan registrasi, pelanggan tidak perlu lagi melakukan cetak boarding pass. Pelanggan dapat langsung menuju ke face recognition boarding gate jika waktunya sudah mendekati jam keberangkatan. Arahkan wajah ke mesin pemindai dan jika data tiket, identitas, dan syarat vaksinasi sudah sesuai, maka gate akan otomatis terbuka,” tutur Mahendro.***

Baca Juga : Banjir Pembeli, Pedagang di KBB Bisa Jual 30 hingga 40 Mainan Lato-lato Dalam Sehari


Editor : Doni Ramdhani