Dukung Orang Tua dan Siswa Kelola Uang di Era Digital

Citibank melalui Citi Peduli dan Berkarya bersama Prestasi Junior Indonesia (PJI) menggelar kegiatan Citi Parenting talkshow bertajuk “Anak Terampil Kelola Uang di Era Digital.”

Dukung Orang Tua dan Siswa Kelola Uang di Era Digital
INILAH, Bandung - Citibank melalui Citi Peduli dan Berkarya bersama Prestasi Junior Indonesia (PJI) menggelar kegiatan Citi Parenting talkshow bertajuk “Anak Terampil Kelola Uang di Era Digital.”
 
Kegiatan edukasi itu dilaksanakan di SDN 191 Surabaya, Jalan Ibrahim Adjie, Kelurahan Babakan Sari, Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung, Kamis (17/1/2019).
 
Director Country Head of Corporate Affair Citi Indonesia (Citibank) Elvera N mengatakan, Digital Financial Literacy for Children ini dimaksudkan untuk memanfaatkan tren penggunaan gawai yang ramai digunakan anak-anak.
 
Meski demikian, upaya pengelolaan uang itu tak lepas dari dukungan para orang tua. Diharapkan, mereka dapat membimbing terkait pengelolaan uang secara cermat dan tepat guna.
 
“Sehingga, ke depan edukasi literasi keuangan ini diharapkan dapat memberikan manfaat keuangan di masa mendatang,” kata Elvera.
 
Berdasarkan data Money Management Internasional, dia menyebutkan anak-anak usia sekolah dasar cenderung menggunakan uang hanya untuk tujuan konsumtif dan bukan keperluan masa depan. Tercatat, sebanyak 54% anak-anak usia di bawah 10 tahun menggunakan uang untuk memenuhi keinginan. Sisanya, 28% anak-anak seusia itu memilih menyimpan uang untuk ditabung.
 
“Sebenarnya, kita tidak bisa hanya berbicara saat in. Tetapi, kegiatan ini dilakukan untuk bisa memahami dasar keuangan dan mengelola keuangan yang lebih baik. Dan itu harus dimulai dari usia sekolah dasar,” ujarnya.
 
Edukasi yang diberikan itu dituturkan dengan memberikan modul-modul yang disampaikan melalui gadget atau gawai dengan pendampingan mentor dan guru. Di lapangan, mitra pelaksana dilakukan PJI yang masuk ke sekolah-sekolah. 
 
Sementar a itu, Deputy Executive PJI Agus Susanto mengatakan dua tahun kebersamaan antara PJI dengan Citibank ini sukses menjangkau 5.047 siswa-siswi dari 19 SD di lima kota se-Indonesia. Yaitu, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Denpasar.
 
“Di tahun ini, kita fokus meningkatkan manfaat dari program ini dengan turut mengedukasi para orang tua dan guru mengenai pentingnya literasi keuangan bagi anak,” ucap Agus.
 
PJI menyakini, bila sinergi positif antara program Digital Financial Literacy for Children dengan pengajaran dari orang tua dan guru dapat membangun budaya pengelolaan uang yang sehat bagi anak.


Editor : inilahkoran