Kominfo, LIPI dan AGI Luncurkan Buku tentang Industri Game

Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dan Asosiasi Game Indonesia meluncurkan buku digital "Peta Ekosistem Industri Game Indonesia 2020".

Kominfo, LIPI dan AGI Luncurkan Buku tentang Industri Game
Ilustrasi (antara)

INILAH, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dan Asosiasi Game Indonesia meluncurkan buku digital "Peta Ekosistem Industri Game Indonesia 2020".

"Tujuan dari penyusunan laporan ini adalah untuk memetakan kondisi terkini dari ekosistem industri game di Indonesia, yang dapat membantu mengidentifikasi tantangan dan peluang yang terdapat dalam ekosistem industri game Indonesia saat ini," kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, dalam keterangan pers, dikutip Kamis.

Buku ini berisi penelitian dari LIPI, yang difasilitasi Kominfo, sejak pertengahan tahun lalu, melibatkan 80 responden pengembang dan penerbit industri game dalam berbagai skala bisnis.

Baca Juga : Saran Penting dari IDI! Bersihkan Alat Salat Secara Rutin

Semuel berpendapat perlu pemahaman yang baik dan mendalam tentang industri game Indonesia untuk menentukan inisiatif dan kebijakan yang tepat sasaran, termasuk untuk mengatasi tantangan pengembangan ekosistem game.

Tantangan yang masih ada saat ini mencakup penguatan sumber daya manusia, peningkatan mutu pendidikan, sampai masalah pendanaan bagi pelaku industri game lokal.

Laporan dalam buku digital tersebut juga bisa menjadi masukan bagi pemerintah dalam merumuskan rekomendasi kebijakan yang tepat sasaran dan sinergi untuk mengatasi masalah di ekosistem industri game lokal.

Baca Juga : MMKSI Hadirkan Program Spesial bagi Wanita

Dalam keterangan yang sama, Ketua Pusat Penelitian Kebijakan dan Manajemen Iptekin LIPI, Dudi Hidayat menyatakan hasil penelitian bisa menjawab sejumlah pertanyaan tentang bagaimana penerbit dan pengembang game mengelola sumber daya manusia, memproduksi, memasarkan dan memperoleh profit.

Halaman :


Editor : suroprapanca