Para Penggugat STY dan Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia, Mana Suaranya?

Kiprah para pemain naturalisasi Timnas Indonesia besutan Shin Tae Yong atau STY sempat digugat sana-sini.

Para Penggugat STY dan Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia, Mana Suaranya?
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong sempat dikritik lantaran hadirnya para pemain naturalisasi. (antara foto)

INILAHKORAN, Bandung- Pada awalnya, kiprah para pemain naturalisasi Timnas Indonesia besutan Shin Tae Yong (STY) digugat sana-sini.

Belakangan, para penggugat itu seperti bungkam seiring dengan kesuksesan Timnas Indonesia dengan kekuatan barisan pemain naturalisasi melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Tak bisa dipungkiri, kelolosan bersejarah Timnas Indonesia itu karena dua faktor yakni transformasi ala STY serta suntikan kualitas dari para pemain naturalisasi.

Baca Juga : Lini Depan Timnas Indonesia Disorot, Shin Tae Yong Bakal Evaluasi Jelang Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Namun, euforia masyarakat atas prestasi yang dibukukan Timnas Indonesia asuhan Shin Tae Yong menjadi momentum untuk menyatukan daya dan upaya.

Tujuannya satu, demi kehadiran tim sepak bola Indonesia di pentas dunia, tanpa perlu lagi membeda-bedakan dari mana pemain berasal.

Lahir di Lelystad, Belanda, Shayne Pattynama yang memiliki darah Indonesia dari ayahnya yang lahir di Semarang, Jawa Tengah menyuarakan bahwa ia tak setuju publik membeda-bedakan dengan menyebut pemain seperti dirinya sebagai pemain naturalisasi atau pemain asing dan pemain yang lahir di Indonesia sebagai pemain lokal.

Baca Juga : Elkan Baggott Sudah Ogah Bela Timnas Indonesia? Erick Thohir Mulai Cari Pengganti

Dengan tegas ia mengatakan bahwa ia adalah orang Indonesia meskipun tidak tumbuh dengan bahasa dan budaya Indonesia.

Halaman :


Editor : Bsafaat