Pemkot Bandung Buat TPS Sementara di Gedebage 

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan memanfaatkan lahan seluas 25 hektare di Gedebage sebagai tempat pembuangan sampah sementara. 

Pemkot Bandung Buat TPS Sementara di Gedebage 
Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan memanfaatkan lahan seluas 25 hektare di Gedebage sebagai tempat pembuangan sampah sementara. /Yogo Triastopo

INILAHKORAN, Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan memanfaatkan lahan seluas 25 hektare di Gedebage sebagai tempat pembuangan sampah sementara. 

Lokasi tersebut merupakan lahan yang sebelumnya sempat direncanakan menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa).

Tepatnya seputaran Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Jalan Pendamping tol Kelurahan Rancanumpang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung.

Baca Juga : KONI Jabar Resmi Perpanjang Kerjasama dengan Korea Selatan

"Kita ada lahan di sini 25 hektar milik Pemkot. Ini akan jadi lokasi tempat penampungan sementara," kata Pelaksana harian (Plh) Wali Kota Bandung Ema Sumarna, Rabu 6 September 2023. 

Ema mengungkapkan, saat ini Kota Bandung masih kesulitan untuk mencari lokasi pembuangan sampah. Hal itu karena kondisi TPA Sarimukti yang masih terjadi kebakaran.

"Darurat sampah masih berlaku, dan kita bicara ideal TPA Sarimuki itu tidak seperti apa yang kita bayangkan. Hingga kemarin (Selasa 5 September 2023) asap masih pekat (di TPA Sarimukti). Pembakaran itu masih ada, karena kedalaman sampah 50 meter," ucapnya

Baca Juga : Tangan Diborgol, Yana Mulyana Datangi PN Bandung Siap Jalani Sidang Dakwaan

Dampaknya dituturkan Ema, ritasi bukan bertambah. Tetapi semakin dibatasi. Biasanya 241 ritasi, sekarang hanya 89 ritasi. Kalau hal tu terjadi setiap hari, artinya tetap sampah 600 hingga 700 ton yang tertahan.

Halaman :


Editor : JakaPermana

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita inliahkoran.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaGNP8EKrWR5pVfYAU1C
Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.