Pemprov Jabar Targetkan 200 Finalis Raup Transaksi Rp50 Miliar dari Temu Bisnis dan Pameran Produk OPOP 2023

Target 200 finalis OPOP 2023 dengan nominal Rp50 miliar tersebut diraih dari kegiatan bertajuk Temu Bisnis dan Pameran Produk bersama offtaker di Masjid Raya Al-Jabbar, Kota Bandung pada 5 Agustus mendatang.

Pemprov Jabar Targetkan 200 Finalis Raup Transaksi Rp50 Miliar dari Temu Bisnis dan Pameran Produk OPOP 2023
Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (Diskuk) Provinsi Jawa Barat Kusmana Hartadji

INILAHKORAN, Bandung - Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (Diskuk) Provinsi Jawa Barat Kusmana Hartadji menargetkan 200 finalis One Pesantren One Product (OPOP) 2023, mampu meraup transaksi minimal Rp50 miliar.

Target 200 finalis OPOP 2023 dengan nominal Rp50 miliar tersebut diraih dari kegiatan bertajuk Temu Bisnis dan Pameran Produk bersama offtaker di Masjid Raya Al-Jabbar, Kota Bandung pada 5 Agustus mendatang.

Dia mengatakan, angka tersebut tidak muluk-muluk bila merujuk catatan transaksi pada 2022 lalu. Dimana saat itu, dalam temu bisnis finalis OPOP mampu mencatatkan transaksi lebih dari Rp42 miliar.

Baca Juga : Tumbuhkan Kesejahteraan Warga, JQR Bangun Jembatan di Garut Selatan

"Finalis akan diundang dan diajak ke Temu Bisnis. Ada 209 finalis, sekitar Rp50 miliar mudah-mudahan tercapai. Ini yang kita catat nilai komitmen awal saja. Selanjutnya kerjasama mereka dengan offtaker enggak akan kita catat. Jadi produknya di expo. Mudah-mudahan kolaborasi ini sukses dan transaksi meningkat," ujarnya baru-baru ini.

Kusmana melanjutkan, program OPOP untuk merangkul 5 ribu pondok pesantren yang termaktub dalam RPJMD 2018-2023 sudah terpenuhi. Dengan demikian, janji politik pasangan Gubernur Ridwan Kamil dan Wakil Uu Ruzhanul Ulum telah tuntas dalam mendongkrak kemandirian perekonomian pesantren.

"Ini tahun terakhir program (OPOP) masa kempimpinan Pak Gubernur Ridwan Kamil dan Pak Uu Ruzhanul Ulum. Kita sudah seleksi hampir 2.174 pondok pesantren yang ikut tahun ini. Dari target lima ribu pesantren, selama lima tahun yang jadi sasaran OPOP di akhir tahun yang cukup banyak. 5.018 sudah tercapai target RPJM, Alhamdulillah," ucapnya.

Baca Juga : Ini Tiga Agenda Utama Pemprov Dalam Waktu Dekat, Demi Mendongkrak UMKM Jawa Barat

Selama lima tahun sambung dia, beberapa produk OPOP telah dipamerkan ke Turki, Dubai dan Milan. Bahkan beberapa telah menjadi role model bagi pesantren lain, untuk mengembangkan potensi mereka di daerah masing-masing.

Halaman :


Editor : Ahmad Sayuti