Serem... Macan Tutul Berkeliaran di Pemukiman Kuningan, Warga Diminta Kurangi Aktivitas di Malam Hari

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Cirebon telah menindaklanjuti laporan tentang kemunculan seekor macan tutul di Desa Gunungmanik, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, guna mencegah konflik antara warga dengan satwa liar tersebut.

Serem... Macan Tutul Berkeliaran di Pemukiman Kuningan, Warga Diminta Kurangi Aktivitas di Malam Hari
Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Cirebon telah menindaklanjuti laporan tentang kemunculan seekor macan tutul di Desa Gunungmanik, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, guna mencegah konflik antara warga dengan satwa liar tersebut./antarafoto

INILAHKORAN, Cirebon-Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Cirebon telah menindaklanjuti laporan tentang kemunculan seekor macan tutul di Desa Gunungmanik, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, guna mencegah konflik antara warga dengan satwa liar tersebut.

“Kami menerima laporan bahwa pada Selasa (9/7) malam kemarin, ada macan tutul yang menampakkan diri di Desa Gunungmanik,” kata Kepala BKSDA Resor Cirebon Selamet Priambodo di Cirebon, Kamis 11 Juli 2024.

Setelah menerima laporan itu, pihaknya langsung mengidentifikasi dan memeriksa jejak kaki serta beberapa cuplikan video yang menampilkan hewan tersebut.

Baca Juga : Pemkab Bekasi Salurkan Bantuan 1.946 Imam dan Marbot Masjid

Selamet mengatakan hasil identifikasi itu menunjukkan kalau macan tutul tersebut, sempat berkeliaran di dekat permukiman warga Desa Gunungmanik.

"Berdasarkan keterangan dan bukti visual, memang terdapat jejak dan penampakan macan tutul," ujar Slamet.

Ia menyampaikan, beberapa langkah penanggulangan sudah dilakukan, guna memastikan keberadaan hewan ini tidak mengganggu masyarakat setempat maupun sebaliknya.

Baca Juga : Pemkab Purwakarta Targetkan 1.831 Akseptor KB dalam Pelayanan Serentak

Selain itu, kata dia, BKSDA Resor Cirebon sudah berkoordinasi dengan pihak desa hingga kepolisian setempat, untuk mengimbau warga agar mengurangi aktivitas di luar rumah pada malam hari.

Halaman :


Editor : JakaPermana