DBMPR Jabar Pastikan Jalan Provinsi Siap Dipakai Mudik

Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Provinsi Jawa Barat memastikan, semua ruas jalan milik pemerintah provinsi (Pemprov) sudah siap digunakan selama mudik lebaran 2023.

DBMPR Jabar Pastikan Jalan Provinsi Siap Dipakai Mudik
Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Provinsi Jawa Barat memastikan, semua ruas jalan milik pemerintah provinsi (Pemprov) sudah siap digunakan selama mudik lebaran 2023./Yuliantono

INILAHKORAN, Bandung – Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Provinsi Jawa Barat memastikan, semua ruas jalan milik pemerintah provinsi (Pemprov) sudah siap digunakan selama mudik lebaran 2023.

Kepala Bidang Pemeliharaan dan Pembangunan Jalan Dinas BMPR Jabar Iwan Suwanagiri mengatakan, ada sekitar 114 ruas dan 24 jalur alternatif dari jalan provinsi yang dimanfaatkan oleh pemudik pada libur lebaran kali ini.

Selain jalur alternatif di utara, tengah dan selatan, ada lima klaster jalur wisata seperti Bogor-Puncak-Cianjur, Sukabumi-Ciletuh-Palabuhan Ratu, Klaster Bandung Raya, Klaster Pantai Selatan Jabar dan Klaster Cirebon  telah dipersiapkan, melalui program sapu lubang.

Baca Juga : Ini Saran Dishub Jabar Supaya Mudik Berjalan Lancar

“untuk memastikan kenyamanan saat mudik ini, kami sudah rampung melalui program sapu lubang jelang lebaran. Sudah selesai tapi tetap antisipasi dan melakukan penyisiran kalau ada lubang baru,” ujarnya dalam Jabar Punya Informasi (Japri) Volume 118 di Gedung Sate, Kamis 13 April 2023.

Dia menambahkan, saat ini sudah 83 persen kondisi jalan telah siap untuk digunakan dalam mudik lebaran. Dimana ada 69 paket pekerjaan di 71 ruas jalan provinsi yang mayoritasnya adalah pemeliharaan berkala seperti melapis ulang atau overlay. Total target 24 paket dengan panjang 50 kilometer telah rampung 100 persen, sebelum lebaran.

“Kemantapan 83 persen. Sudah siap dan mantap untuk dipakai mudik. Sisanya 45 paket lubang tertutup, sebagian sudah selesai. Sepanjang 130 kilometer untuk overlay. Sisanya 45 paket kita lanjutkan sampai selesai di Juni-Juli,” ucapnya.

Baca Juga : Sediakan Lebih dari 12 Ribu Tiket, Dishub Jabar Ajak Masyarakat Ikut Program Mudik Gratis

Selain itu, demi memastikan kenyamanan masyarakat selama mudik lebaran berlangsung, Iwan mengatakan pihaknya akan menyiapkan 45 pos piket di seluruh ruas jalan provinsi. Selain itu DBMPR turut menyiapkan alat berat di daerah rawan bencana, sebagai langkah mitigasi demi kelancaran arus mudik dan balik lebaran kali ini.

Halaman :


Editor : JakaPermana

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita inliahkoran.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaGNP8EKrWR5pVfYAU1C
Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.