Fokus Akselerasi Bisnis FMC, XL Axiata Pertahankan Momentum Pertumbuhan Kinerja hingga Kuartal III 2023

Hingga kuartal III 2023, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berhasil melanjutkan tren pertumbuhan profitabilitas. Pada periode ini, tercatat pendapatan XL Axiata tetap tumbuh 10% yoy menjadi Rp23,88 triliun, EBITDA tumbuh 13% yoy menjadi Rp11,76 triliun, dan EBITDA Margin menjadi 49%.

Fokus Akselerasi Bisnis FMC, XL Axiata Pertahankan Momentum Pertumbuhan Kinerja hingga Kuartal III 2023
Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini mengatakan, sampai dengan kuartal III 2023 ini laba bersih setelah dinormalisasi (NPAT) mencapai Rp1,02 trilun. Pendapatan data dan layanan digital mencapai Rp21,72 trilun, atau sekitar 91

INILAHKORAN, Jakarta - Hingga kuartal III 2023, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berhasil melanjutkan tren pertumbuhan profitabilitas. Pada periode ini, tercatat pendapatan XL Axiata tetap tumbuh 10% yoy menjadi Rp23,88 triliun, EBITDA tumbuh 13% yoy menjadi Rp11,76 triliun, dan EBITDA Margin menjadi 49%.

Sementara itu, sampai dengan kuartal III 2023 ini laba bersih setelah dinormalisasi (NPAT) mencapai Rp1,02 trilun. Pendapatan data dan layanan digital mencapai Rp21,72 trilun, atau sekitar 91% dari total pendapatan. Selanjutnya, XL Axiata semakin optimis dengan masa depan bisnis layanan Fixed Broad Band (FBB) dan Fixed Mobile Convergence (FMC) di mana bisnis tersebut terus menunjukkan pertumbuhan yang sangat positif.

"Situasi dan kondisi industri telekomunikasi nasional yang terus challenging serta kompetisi yang terus berlangsung ketat hingga saat ini, mampu kami jawab dengan pencapaian kinerja yang cukup menggembirakan. Di periode sembilan bulan tahun ini, XL Axiata tetap mampu mencetak tingkat profitabilitas yang tumbuh positif dibandingkan hasil pencapaian di periode yang sama tahun lalu. Tantangan ke depan tentunya tidak akan lebih ringan. Untuk itu, berbagai inisiatif akan terus kami lakukan, termasuk mendorong dan mengakselerasi pertumbuhan bisnis FBB dan FMC yang hingga saat ini terus menunjukkan pontensi sangat menggembirakan," kata Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini, Kamis 23 November 2023.

Baca Juga : PLN Buktikan Janji  Kesiapan Kelistrikan Tanpa Kedip di Stadion Tempat Digelar Piala Dunia U 17

Dian menyebut, hingga kuartal ketiga 2023, tercatat sebanyak 206 ribu pelanggan layanan Home, dengan penambahan hingga sebanyak lebih dari 52 ribu dalam tiga bulan. Pencapaian tersebut tidak terlepas dari semakin luasnya jaringan XL SATU Fiber yang kini telah mencapai 75 kota/kabupaten, termasuk lebih dari 12 kota/kabupaten tambahan dalam tiga bulan terakhir. 

Di sisi lain, XL Axiata mampu terus meningkatkan penetrasi layanan konvergensi hingga 69% dari pelanggan layanan Home.

Dengan total jumlah pelanggan mencapai 57,5 juta hingga akhir September 2023, ARPU Mobile XL Axiata tercatat sebesar Rp40 ribu untuk layanan prabayar, Rp90 ribu pascabayar, dan Rp42 ribu blended. 

Baca Juga : Bisa Produksi Hidrogen Hijau dengan Cepat, Begini Inovasi yang Dilakukan  PLN

Peningkatan blended ARPU ini tentunya searah dengan fokus perusahaan untuk meraih dan mempertahankan pelanggan yang produktif.

Halaman :


Editor : Doni Ramdhani