Gas Bumi Beyond Pipeline CNG Subholding Gas Pertamina Mengalir di Balikpapan

PT PGN Tbk selaku Subholding Gas Pertamina bersama anak usahanya PT Gagas Energi Indonesia (Gagas), kembali menegaskan komitmennya untuk memperluas pemanfaatan gas bumi melalui metode beyond pipeline.

Gas Bumi Beyond Pipeline CNG Subholding Gas Pertamina Mengalir di Balikpapan

INILAHKORAN, Bandung - PT PGN Tbk selaku Subholding Gas Pertamina bersama anak usahanya PT Gagas Energi Indonesia (Gagas), kembali menegaskan komitmennya untuk memperluas pemanfaatan gas bumi melalui metode beyond pipeline.

Kali ini, PGN bersama Gagas untuk pertama kali melayani pelanggan CNG di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Sebelumnya, PGN dan Gagas telah menyalurkan Gaslink ke area baru yaitu Denpasar dan Palembang di 2023. Di tahun ini proses penyaluran gas bumi di Balikpapan telah terlaksana. PGN dan Gagas mulai menyalurkan gas bumi untuk PT Bumi Liputan Jaya (Blue Sky Hotel) dengan volume penyaluran mencapai 700 MMBTU per bulan. Penyaluran gas bumi di Balikpapan juga sebagai salah satu upaya PGN untuk mendukung pengembangan Ibu Kota Negara (IKN).

Baca Juga : Gandeng Pos Indonesia, TikTok Luncurkan Rumah Kreatif untuk Kreator, UMKM, dan Masyarakat Perdana di Indonesia

Blue Sky Hotel akan memanfaatkan gas bumi untuk kebutuhan dapur dan laundry.

Plt Direktur Utama Gagas, Enro Situmorang menyampaikan, akan memulai penyaluran gas bumi di Pulau Kalimantan melalui kota Balikpapan dengan proyeksi penyaluran gas bumi untuk sektor industri dan komersial hingga mencapai 1.500 MMBTU per bulan pada akhir  2024. 

"Selanjutnya, kami harapkan kota-kota lain di Kalimantan akan merasakan hal serupa,” kata Enro Situmorang pada Rabu 10 Juli 2024.

Baca Juga : Novo Nordisk dan Bio Farma Umumkan Kemitraan Proses Produksi Insulin untuk Orang Dengan Diabetes

Ia menambahkan, Gagas bersama-sama dengan PGN akan terus mendukung pemerintah mencapai net zero emission pada 2060, salah satunya dengan perluasan pemanfaatan gas bumi sebagai energi transisi. “Fokus kami saat ini adalah dengan memperluas pemanfaatan gas bumi khususnya untuk kota-kota maupun daerah yang belum terjangkau oleh jaringan gas pipa PGN,” ucapnya.

Halaman :


Editor : Ahmad Sayuti