Jelang Iduladha 1445 H, Dispernakan KBB Catat 4.933 Ekor Hewan Kurban Dinyatakan Sehat

Pemda Kabupaten Bandung Barat (KBB) memastikan berbagai persiapan terkait hewan kurban terus dilakukan jelang perayaan Hari Raya Iduladha 1445 H.

Jelang Iduladha 1445 H, Dispernakan KBB Catat 4.933 Ekor Hewan Kurban Dinyatakan Sehat
Plt Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (Dispernakan) KBB Wiwin Aprianti mengatakan, pemeriksaan hewan kurban pada Iduladha 1445 H di KBB dilaksanakan bersama petugas Dispernakan, Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) cabang Jawa Barat I, Paramedis Veteriner (PaVeti) Jabar I, dan para mahasiswa Unpad. (agus satia negara)

INILAHKORAN, Ngamprah - Pemda Kabupaten Bandung Barat (KBB) memastikan berbagai persiapan terkait hewan kurban terus dilakukan jelang perayaan Hari Raya Iduladha 1445 H.

Plt Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (Dispernakan) KBB Wiwin Aprianti mengatakan, pemeriksaan hewan kurban pada Iduladha 1445 H di KBB dilaksanakan bersama petugas Dispernakan, Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) cabang Jawa Barat I, Paramedis Veteriner (PaVeti) Jabar I, dan para mahasiswa Unpad.

"Pada Iduladha 1445 H ini kita juga melakukan sejumlah pemeriksaan mulai di lapak dan hewan kurban on the spot, pemeriksaan antemortem dan pelabelan sehat mulai 3-16 Juni 2024," katanya.

Baca Juga : Libur Hari Raya Iduladha 1445 H, Daop 2 Bandung Tambah Tiga Perjalanan KA 

"Sementara untuk pemeriksaan post mortem dilakukan mulai 17-21 Juni 2024. Secara keseluruhan jumlah petugas pemeriksa berdasarkan SK Kadisnakan, 49 orang (dokter hewan 11, PPL 14, Paramedis 24 orang)," sambungnya.

Selanjutnya, pihaknya bakal melakukan pengawasan pemotongan hewan kurban pada hari H dan hari tasyrik di tempat-tempat tertentu.

"Hal itu dilakukan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat dalam mengkonsumsi daging kurban yang ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal), tentunya dengan melibatkan para ulama, para ustad dan para pengurus DKM di masing-masing tempat, sehingga masyarakat yang menerima daging kurban menjadi tenang dalam mengkonsumsinya," jelasnya.

Baca Juga : Jelang Idul Adha, Pedagang Hewan Kurban di KBB Raup Omzet Ratusan Juta

Wiwin menyebut, hasil evaluasi pada 2023 jumlah hewan yang diperiksa sebanyak 13.683 ekor dengan rincian, sapi sebanyak 5.476 ekor, kerbau 51 ekor, domba 8.003 ekor dan kambing 153 ekor.

Halaman :


Editor : Doni Ramdhani

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita inliahkoran.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaGNP8EKrWR5pVfYAU1C
Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.