Jelang Lebaran, Pencarian Mobil Bekas Secara Online Naik 28 Persen

Menjelang Lebaran tahun ini, pencarian mobil bekas meningkat 28 persen menjadi 1.372.000 pencari, dibandingkan tahun lalu sebanyak 1.075.000 pencari pada platform jual-beli mobil bekas OLX.

Jelang Lebaran, Pencarian Mobil Bekas Secara Online Naik 28 Persen
Ilustrasi (Net)

INILAH, Jakarta - Menjelang Lebaran tahun ini, pencarian mobil bekas meningkat 28 persen menjadi 1.372.000 pencari, dibandingkan tahun lalu sebanyak 1.075.000 pencari pada platform jual-beli mobil bekas OLX, dengan puncak pencarian terjadi pada pekan kedua Ramadhan sebanyak 11 persen.

SUV menjadi segmen mobil yang paling banyak dicari di OLX. Jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, kenaikan pencarian SUV selama Ramadhan 2019 mencapai 21 persen atau sebanyak 13.000 orang.

Pencarian di segmen hatchback dan sedan naik 16 persen, sementara MPV naik 17 persen. "Data OLX menjadi refleksi pola konsumsi masyarakat terhadap mobil bekas sepanjang bulan Ramadan," ujar Ivo Wassenaar, Head of Automotive OLX Indonesia, dalam keterangan tertulisnya.

"Adanya kebutuhan terhadap kendaraan untuk mudik, menyebabkan peningkatan pencarian mobil di OLX. Kami berharap masyarakat dapat menemukan pilihan mobil yang sesuai budget-nya di OLX," imbuh dia.

OLX juga memantau adanya peningkatan harga jual mobil bekas. Kenaikan harga jual tertinggi terjadi di segmen sedan. Kenaikan harganya mencapai 43 persen, dari Rp98 juta menjadi Rp140 juta.

Segmen lain yang juga mengalami peningkatan harga jual adalah SUV 19 persen, pickup 19 persen, dan hatchback 6 persen. Sementara MPV mengalami peningkatan harga jual rata-rata 7 persen. Sedangkan merek dan tipe mobil yang banyak dicari adalah Toyota Avanza.

"Data kami menyebutkan bahwa mobil bekas yang paling banyak dicari jelang mudik Lebaran tahun ini adalah Toyota Avanza dan mayoritas pencarinya berasal dari Bandung, Surabaya, Jakarta Timur, Jakarta Selatan dan Bekasi," ujar Ivo.

Halaman :


Editor : suroprapanca