Len Garap Sistem Persinyalan Jalur Ganda KA Kiaracondong-Cicalengka

Sistem persinyalan jalur ganda kereta api Kiaracondong-Cicalengka akan menggunakan teknologi tinggi buatan dalam negeri. Sistem itu dinamai SiLSafe-4000 itu merupakan sistem berbasis computer based interlocking (CBI) dengan tingkat keamanan dan keandalan tinggi.

Len Garap Sistem Persinyalan Jalur Ganda KA Kiaracondong-Cicalengka
istimewa

INILAH, Bandung - Sistem persinyalan jalur ganda kereta api Kiaracondong-Cicalengka akan menggunakan teknologi tinggi buatan dalam negeri. Sistem itu dinamai SiLSafe-4000 itu merupakan sistem berbasis computer based interlocking (CBI) dengan tingkat keamanan dan keandalan tinggi.

Direktur Utama PT Len Railway Systems (LRS) Agung Darmawan mengatakan, SiLSafe-4000 itu mengantongi sertifikat SIL-4 (safety interlocking level) yang siap memberikan kenyamanan dan keamanan penumpang kereta di Bandung dan sekitarnya.

Menurutnya, SiLSafe-4000 merupakan hasil pengembangan PT Len Industri dan anak perusahaannya PT LRS yang sudah dioperasikan di Lintas Jawa, Sumatera dan Trans Sulawesi. Keunggulan dari SiLSafe-4000 yakni kemudahan dalam pengaplikasian, perawatan dan ketersediaan suku cadang karena pengembangan, perakitan dan instalasinya dilakukan insinyur dan teknisi dalam negeri.  

Baca Juga : Pemerintah Berikan Fasilitas dan Insentif Perpajakan Hingga Akhir 2021 

Penggunaan SiLSafe-4000 tersebut dipastikan setelah penandatanganan kontrak pembangunan Sistem Persinyalan dan Telekomunikasi Jalur Ganda Kiaracondong-Cicalengka Tahap I Segmen Gedebage-Haurpugur di Bandung, Jumat (16/7/2021) lalu.

“Penggunaan teknologi yang memiliki tingkat keamanan dan kehandalan yang tinggi diharapkan dapat meningkatkan minat dan kepercayaan masyarakat di Bandung dan Jawa Barat untuk menggunakan transportasi umum, khususnya kereta api. Di sisi lain, dengan penambahan jumlah sepur pada Lintas Gedebage hingga Haurpugur dapat meningkatkan jumlah kereta di stasiun, sehingga kapasitas penumpang bertambah," jelas Agung.

Dia mengatakan, ke depan pihaknya akan melakukan upgrade mekanik ke elektrik dan sepur tunggal ke ganda. Pembangunan Tahap I Kiaracondong-Cicalengka dari Stasiun Gedebage hingga Stasiun Haurpugur terhitung sepanjang 14 kilometer. Pekerjaan ini mencakup 3 stasiun dan 1 halte, yaitu Stasiun Gedebage, Halte Cimekar, Stasiun Rancaekek, Stasiun Haurpugur.

Baca Juga : Pengamat: Regulasi Baru Terkait Lobster Sejalan Prinsip Berkelanjutan

“Sistem baru ini dapat memudahkan perawatan serta jaminan ketersediaan suku cadang. Teknologinya juga memiliki kehandalan lebih tinggi dibandingkan dengan sistem sebelumnya. Seiring dengan perubahan sistem, dilakukan pula perubahan lintas yang awalnya sepur tunggal menjadi sepur ganda untuk meningkatkan kapasitas penumpang,” ujar Agung.

Halaman :


Editor : Doni Ramdhani