Perumda Tirta Pakuan Berhasil Atasi Gangguan, Pasokan Air Bersih ke Villa Mutiara Lancar Bertahap

Tim Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor berhasil mengatasi gangguan distribusi air bersih di wilayah Perumahan Villa Mutiara Bogor 2 Kelurahan Mekarwangi Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor pada Senin Sore (12/9/2022).

Perumda Tirta Pakuan Berhasil Atasi Gangguan, Pasokan Air Bersih ke Villa Mutiara Lancar Bertahap
Tim Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor berhasil mengatasi gangguan distribusi air bersih di wilayah Perumahan Villa Mutiara Bogor 2 Kelurahan Mekarwangi Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor pada Senin Sore (12/9/2022)
INILAHKORAN, Bogor - Tim Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor berhasil mengatasi gangguan distribusi air bersih di wilayah Perumahan Villa Mutiara Bogor 2 Kelurahan Mekarwangi Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor pada Senin Sore (12/9/2022).
Pasokan air bersih ke pelanggan kini lebih baik setelah perbaikan sistem pengaliran sejak pekan lalu.
Direktur Teknik Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Ardani Yusuf mengungkapkan, sejak menerima beberapa laporan gangguan layanan dari warga Villa Mutiara, Tirta Pakuan bergerak cepat menginventarisir dan memetakan titik-titik gangguan di wilayah itu.
"Tim NRW dan Transmisi Distribusi melakukan penelusuran jalur mencari sumber penyebab gangguan, termasuk kemungkinan adanya penyumbatan atau kebocoran pipa distribusi," ungkap Ardani pada Selasa (13/9/2022).
"Sejak minggu lalu, kami banyak menerima laporan gangguan dari pelanggan di Mekarwangi. Pada hari Kamis (8/9), kami pasang alat pengukur tekanan di beberapa rumah pelanggan. Lalu kami pasang air valve di gerbang Villa Mutiara. Lalu kami cek lagi ke pelanggan, tekanan air masih belum maksimal," tambah Ardani.
Ardani memaparkan, petugas juga melakukan penelusuran jalur pipa distribusi dari Gerang Villa Mutiara di sepanjang Jl Sholeh Iskandar. Sabtu siang (10/9), petugas menemukan kebocoran pipa HDPE 4 inch di depan eks Hypermart Jl Sholeh Iskandar dan langsung diperbaiki pada malam harinya.
"Minggu pagi, petugas kembali melakukan pengecekan dan penelusuran jalur. Ada indikasi penyumbatan pipa antara Villa Mutiara Bogor tahap 1 dan tahap 2," paparnya.
Ardani menambahkan, lalu disiapkan langkah teknis perbaikan dan koordinasi dengan pihak RT/RW setempat. Namun saat hendak dilakukan penggiliran di titik terindikasi penyumbatan pipa, hujan turun cukup deras. 
"Dengan alasan keselamatan, kami tunda hingga besok hari. Senin pagi, petugas kembali melanjutkan pekerjaan di titik terindikasi penyumbatan pipa, dan perbaikan sistem pengaliran. Pekerjaan selesai pada Senin siang, dan dilakukan pengecekan kembali di rumah-rumah pelanggan. Alhamudillah sebelum Ashar, air sudah mengalir ke rumah-rumah pelanggan, meskipun belum benar-benar stabil," terang Ardani.
Ardani menjelaskan, pasokan air ke wilayah Villa Mutiara masih belum stabil karena diduga masih ada penyumbatan pipa di beberapa titik. Maka dari itu, dia tetap memerintahkan petugas untuk tetap siaga di wilayah itu hingga pasokan air benar-benar pulih.
"Kami masih pasang data loger di rumah pelanggan RW 12. Kami pantau terus hingga pasokan air bersih benar-benar stabil di Villa Mutiara. Tapi yang pasti, pasokan airnya sudah lebih baik dari sebelumnya. Rencananya pada Rabu pagi (14/9), tim NRW dan Transmisi Distribusi akan melaksanakan pemasangan stop valve 4 inch di depan gerbang Villa Mutiara I," jelasnya.
Menurutnya, diharapkan langkah ini bisa menjadi salah satu solusi penanganan gangguan di wilayah tersebut.
"Terakhir kami imbau kepada pelanggan di Villa Mutiara agar menampung air pada saat masih mengalir untuk mengantisipasi gangguan. Kami akan terus berupaya semaksimal mungkin mengatasi gangguan. Jika terjadi gangguan pasokan, silakan hubungi Call Center di nomor 0251-8324111 untuk pemesanan air melalui tangki gratis," pungkasnya. (rizki mauludi)***


Editor : JakaPermana