Toyota Masih Jadi Market Leader di Indonesia

Di tengah kondisi pandemi yang cukup menantang di sepanjang tahun 2020, Toyota-Astra Motor (TAM) mampu mencatatkan total penjualan ritel sebanyak 182.665 unit dengan market share di level yang sama seperti tahun 2019, yaitu sekitar 31 persen.

Toyota Masih Jadi Market Leader di Indonesia
istimewa

INILAH, Jakarta - Di tengah kondisi pandemi yang cukup menantang di sepanjang tahun 2020, Toyota-Astra Motor (TAM) mampu mencatatkan total penjualan ritel sebanyak 182.665 unit dengan market share di level yang sama seperti tahun 2019, yaitu sekitar 31 persen.

Pencapaian ini menjadikan Toyota menempati posisi market leader sekaligus membuktikan komitmen untuk senantiasa menjadi partner mobilitas terbaik bagi masyarakat Indonesia.

"Meskipun situasi di tahun 2020 cukup menantang, kami berkomitmen untuk tidak pernah berhenti memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia, tidak hanya dengan menghadirkan lineup kendaraan yang lengkap, tapi juga berbagai layanan," kata Susumu Matsuda, President Director TAM, dalam keterangannya kepada INILAHCOM.

Baca Juga : Akhirnya, Netflix Akan Bebas Utang di Tahun Ini

Sebelum pandemi mewabah di Indonesia, Toyota membukukan penjualan ritel 66.599 unit di periode Q1 2020. Sejalan dengan mulai mewabahnya pandemi, penjualan ritel Toyota mengalami penurunan cukup signifikan menjadi 26.366 unit di Q2, atau 60,4 persen lebih rendah dari angka di Q1.

Namun secara bertahap penjualan ritel Toyota pun berangsur membaik karena tak hanya didukung dengan 13 produk baru, namun juga dengan program-program inovatif yang menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggan di tengah pandemi COVID-19 seperti Toyota Spektakuler dan Deal Cermat, termasuk juga yang berbasis digital seperti Toyota Chatbot, mToyota, Halobeng, Toyota Virtual Expo, hingga KINTO yang memperkenalkan cara baru dalam bermobilitas.

Di periode Q3, Toyota mampu bangkit dengan membukukan penjualan ritel sebesar 35.111 unit, atau naik 33,2 persen dibandingkan Q2. Bahkan pada Q4, penjualan ritel Toyota meningkat secara signifikan menjadi 54.589 unit, atau 55,5 persen lebih tinggi dari Q3.

Baca Juga : Mengenal Radang Usus Kronis yang Sering Dianggap sebagai Diare Akut

Secara keseluruhan, penjualan ritel Toyota ditopang oleh segmen MPV dengan total penjualan 105.274 unit atau memberi kontribusi sebesar 57,6 persen.

Halaman :


Editor : JakaPermana