2023 Dekranasda Menuju Satu Data Pelaku Ekonomi Kota Bandung 

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bandung merancang sejumlah strategi untuk meningkatkan perekonomian Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Bandung. Salah satunya dengan integrasi data pelaku ekonomi yang telah tercatat di sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

2023 Dekranasda Menuju Satu Data Pelaku Ekonomi Kota Bandung 
Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bandung merancang sejumlah strategi untuk meningkatkan perekonomian Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Bandung. Salah satunya dengan integrasi data pelaku ekonomi yang telah tercatat di sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) terkait./Yogo Triastopo

INILAHKORAN, Bandung - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bandung merancang sejumlah strategi untuk meningkatkan perekonomian Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Bandung. Salah satunya dengan integrasi data pelaku ekonomi yang telah tercatat di sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

Menurut Ketua Deskranasda Kota Bandung Yunimar Mulyana, dari pembahasan yang dilakukan telah disepakati paparan dari masing-masing bidang.

"Kita meminta bantuan untuk bersinergi bersama OPD yang belum terlibat serta mitra eksternal baru. Kita berikan kesempatan bagi para UMKM untuk memamerkan produknya sampai di Agustus-September," kata Yunimar Mulyana, Jumat 24 Februari 2023.

Yunimar Mulyana berharap, strategi-strategi 2023 akan memberikan dampak yang lebih baik bagi para pelaku usaha. Terutama program berupa pelatihan dan pembinaan untuk kemajuan para pelaku usaha di Kota Bandung.

"Kita dorong mereka meningkatkan kualitas produk mereka, sehingga tidak hanya bisa bersaing di nasional tapi juga internasional. Semua kegiatan yang kita berikan semoga bisa benar-benar berguna dan bermanfaat untuk mereka," ucapnya. 

Sementara itu, Kepala Bagian Perekonomian Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung TB Agus Mulyadi menjelaskan, beberapa OPD yang sudah menjadi mitra di antaranya Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin), Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (Diskopukm), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung (Disbudpar), Bagian Perekonomian, Kesra, Bappelitbang, dan Bank BJB.

"Akan ada tambahan mitra di luar OPD. Tadi ada masukan untuk menambah mitra dari Pertamina dan BUMN lain yang bisa kita ajak bergabung," kata TB Agus Mulyadi

Halaman :


Editor : JakaPermana