Dekranasda Kota Bandung Dorong Produk Lokal Go International

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bandung terus menggelorakan pembinaan dan pengembangan bagi pelaku usaha lokal. Targetnya tak lain mendorong produk lokal go international, sekaligus mempertahankan eksistensi dan meningkatkan daya saing produk lokal.

Dekranasda Kota Bandung Dorong Produk Lokal Go International
Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bandung terus menggelorakan pembinaan dan pengembangan bagi pelaku usaha lokal. Targetnya tak lain mendorong produk lokal go internasional, sekaligus mempertahankan eksistensi dan meningkatkan daya saing produk lokal. (Foto Istimewa)

INILAHKORAN, Bandung- Ketua Umum Dekranasda Kota Bandung, Linda Nurani Hapsah menyampaikan, sampai saat ini terdapat sekitar 10.000 pelaku usaha atau UMKM yang dibina oleh Dekranasda Kota Bandung. Termasuk mengurasi produk UMKM binaan.

"Kurasi ini melibatkan akademisi dan berbagai pihak melalui kolaborasi pentahelix, termasuk universitas, media, pelaku bisnis, dan komunitas. Proses ini bertujuan untuk memastikan pelaku usaha yang dibina benar-benar memiliki potensi dan siap bersaing," jelas Linda di Taman Pramuka Kota Bandung, Selasa, 14 Mei 2024.

Untuk diketahui, proses kurasi ini dilakukan untuk menentukan daya saing dari setiap pelaku usaha. Kriteria utama untuk masuk dalam program pembinaan Dekranasda adalah, Produk berkualitas, Siap berdaya saing dan Siap dibantu dalam penetrasi pasar yang lebih luas

Baca Juga : Begal Payudara di Bandung, Ditangkap Polisi

Dekranasda mengelompokkan pelaku usaha ke dalam beberapa kelas daya saing yaitu middle class dan premium class.
 
"Middle Class, produk akan difasilitasi untuk promosi di mal kelas menengah. Sedangkan Premium Class, produk akan difasilitasi untuk promosi di mal kelas premium dan berkesempatan untuk tampil di event nasional dan internasional seperti contoh baru baru ini adalah Inacraft dan Bandung Week Market," ungkap Linda.

Linda juga menyampaikan, pelaku usaha yang dibina oleh Dekranasda akan mendapatkan berbagai keuntungan. 

"Keuntungan yang didapatkan di antaranya Fasilitas tanpa biaya, Pembinaan komprehensif yang tidak hanya mempopulerkan produk tetapi juga mematangkan bisnis agar mandiri. Termasuk juga akses untuk mengikuti pameran dan promosi produk sesuai dengan kelas daya saing dan Peluang untuk menjangkau pasar Nasional dan Internasional," jelasnya.

Dekranasda berkomitmen untuk membina, mengembangkan, dan menjaga eksistensi produk lokal agar tidak hanya muncul sebentar tetapi juga mampu bersaing dan bertahan di pasar. 

Halaman :


Editor : Ghiok Riswoto