2.300 Seniman Semarakan Bandung West Java Art Festival

Sebanyak 2.300 seniman terlibat dalam kegiatan Bandung West Java Art Festival. Kegiatan ini berlangsung 28-30 Oktober 2022 di Gedung Sate dan Teater Tertutup Dago Tea House, Kota Bandung, Jawa Barat.

2.300 Seniman Semarakan Bandung West Java Art Festival
Sebanyak 2.300 seniman terlibat dalam kegiatan Bandung West Java Art Festival. Kegiatan ini berlangsung 28-30 Oktober 2022 di Gedung Sate dan Teater Tertutup Dago Tea House, Kota Bandung, Jawa Barat./istimewa

INILAHKORAN, Bandung-Sebanyak 2.300 seniman terlibat dalam kegiatan Bandung West Java Art Festival. Kegiatan ini berlangsung 28-30 Oktober 2022 di Gedung Sate dan Teater Tertutup Dago Tea House, Kota Bandung, Jawa Barat.

Acara ini merupakan kolaborasi antara komunitas seni budaya asal Jabar dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat. Festival ini menampilkan berbagai pertunjukan dari mulai seni tari, musik, rupa, dan teater. 

Direktur Program Bandung West Java Art Festival Deden Buleng mengatakan, acara tahunan ini sudah delapan kali digelar. 

Baca Juga : Jabar Tertinggi Kedua Setelah Jakarta Terkait Kasus Pelecehan Seksual Perempuan dan Anak 

"Acara ini diinisiasi dari komunitas Bongkeng. Sebelumnya namanya Bandung Art Festival (BAF). Ketika di tahun kedelapan ini, kita berkolaborasi dengan Disparbud Jabar kita bertransformasi menjadi Bandung West Java Art Festival," kata Deden di Bandung, Sabtu (29/10/2022).

Menariknya, kata Deden, festival ini bersifat multikultur dan multidisiplin ilmu. Selain di Jawa Barat dan berbagai kota di Indonesia, kegiatan serupa juga digelar diberbagai negara dengan menampilkan seni budaya tiap negara.

"Sebelum lahirnya BAF, pertama kita punya Art Island Festival sebuah jejaring komunitas budaya bersifat independen. Jadi kita membuat festival keliling dari kota, provinsi, sampai ke luar negeri. Jadi sekarang kita terkoneksi ke jejaring, seperti ke Malaka Festival, New Delhi Maping Festival, ada juga di Singapura, Thailand, Australia, Maroko," paparnya.

Baca Juga : Tunggakan PBB Capai Rp308 Miliar, Kepala Bapenda KBB Beberkan Alasannya 

Deden menjelaskan, acara ini digelar untuk memberi pesan tentang pentingnya merawat seni budaya daerah. Ia juga mengapresiasi keterlibatan pemerintah untuk mendukung karya para seniman.

Halaman :


Editor : JakaPermana