Disdik Jabar Buka Data PPDB 2023 Terkait 4.791 Pendaftar yang Didiskualifikasi

Disdik Jabar membuka data 4.791 pendaftar yang didiskualifikasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru alias PPDB 2023. 

Disdik Jabar Buka Data PPDB 2023 Terkait 4.791 Pendaftar yang Didiskualifikasi
Sekretaris Disdik Jabar Yesa Sarwedi Hamiseno mengatakan, ribuan pendaftar yang didiskualifikasi pada PPDB 2023 ini merupakan akumulasi dari tahap I dan II. (ilustrasi/net)

INILAHKORAN, Bandung - Disdik Jabar membuka data 4.791 pendaftar yang didiskualifikasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru alias PPDB 2023

Sekretaris Disdik Jabar Yesa Sarwedi Hamiseno mengatakan, ribuan pendaftar yang didiskualifikasi pada PPDB 2023 ini merupakan akumulasi dari tahap I dan II.

Yesa menegaskan, pendaftar yang didiskualifikasi itu bukan dalam arti Disdik Jabar mengeluarkan peserta didik yang kini sudah diterima SMA, SMK, dan SLB. 

Baca Juga : Enggan Berspekulasi, Ridwan Kamil Tegaskan Tetap Loyal Pada Airlangga Hartarto

"Jadi yang 4.791 itu bukan sudah masuk terus dibatalkan tetapi data peserta yang tidak terverifikasi pada saat proses pendaftaran jadi ke-reject," ujar Yesa saat dihubungi, Rabu 19 Juli 2023. 

Dia menyampaikan, peserta yang didiskualifikasi ini sendiri disebabkan dokumen pendaftar yang tidak sesuai dan persoalan Kartu Keluarga (KK). Kemudian, pendaftar tidak langsung membetulkan data pada masa sanggah.

"Jadi, jika persyaratan itu tidak sesuai, akan dikembalikan lagi kepada siswa. Nah, ketika diberikan kesempatan di masa sanggah itu, ternyata calon siswa itu tidak membetulkan sehingga akhirnya ditolak," ungkapnya. 

Baca Juga : Ridwan Kamil Pastikan Temuan Baru Kecurangan PPDB Tetap Diproses Meski KBM Telah Dimulai

Yesa juga meluruskan soal seluruh data ribuan pendaftar PPDB ini disebabkan karena KK palsu. Menurutnya, ada juga beberapa pelanggaran lainnya yang menyebabkan peserta didiskualifikasi. Seperti soal teknis pendaftar pada tahap I. 

Halaman :


Editor : Doni Ramdhani

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita inliahkoran.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaGNP8EKrWR5pVfYAU1C
Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.