'Hilal' Pengajuan Pj Bupati Cirebon Belum Terlihat. Sinyal Tidak Ada Pengajuan Semakin Kuat

Batas akhir pengajuan Pj bupati tinggal tiga hari lagi. Artinya, tanggal 6 Desember ini adalah batas akhir pengajuan nama-nama Pj Bupati Cirebon ke Kemendagri.

'Hilal' Pengajuan Pj Bupati Cirebon Belum Terlihat. Sinyal Tidak Ada Pengajuan Semakin Kuat

INILAHKORAN, Cirebon - Batas akhir pengajuan Pj bupati tinggal tiga hari lagi. Artinya, tanggal 6 Desember ini adalah batas akhir pengajuan nama-nama Pj Bupati Cirebon ke Kemendagri. 

Namun, sampai saat ini DPDR Kabupaten Cirebon belum memproses nama-nama Pj bupati. Jangankan memproses, rencana pimpinan dewan menggelar rapat masalah Pj di hari Jumat kemarin saja, batal digelar.

Belum adanya proses pengajuan Pj Bupati Cirebon, diperkuat pernyataan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cirebon dari Fraksi Golkar, Teguh Rusia Merdeka. Menurutnya, sampai saat ini unsur pimpinan dewan belum memproses nama-nama Pj yang akan diusulkan ke Kemendagri. Teguh juga belum bisa memastikan, kapan usulan tersebut akan di proses.

Baca Juga : Bima Pastikan Program RTLH dan Bantuan Siswa Miskin Dilanjutkan di APBD 2024

"Ini kan ada pemahaman berbeda dari surat Kemendagri terkait pengusulan nama-nama Pj. Surat itu ditujukannya ke Ketua Dewan dan bisa saja Ketua berkirim surat sendiri ke Kemendagri tentang nama-nama Pj," kata Teguh, minggu 3 Desember 2023.

Namun idealnya, kalau memang melibatkan unsur pimpinan, harus dirapatkan tentang siapa nama-nama Pj yang akan diusulkan. Disamping itu, sampai saat ini belum ada calon Pj yang menjalin komunikasi politik, khusus dengan dirinya sebagai Wakil Ketua dewan. Namun dia mengaku tidak mengetahui secara pasti, ada tidaknnya calon Pj yang menjalin komunikasi politik dengan unsur pimpinan dewan lainnya.

"Waktu kan masih tiga hari lagi. Tapi kalau pihak dewan tidak mengajukan nama-nama ke Kemendagri, itu tidak ada konsekwensi hukumnya. Paling menjadi tanda tanya besar publik. Lihat perkembangan saja ya nanti saya kabari," ungkapnya.

Baca Juga : Pemkab Bogor Dukung Pelestarian Warisan Leluhur Cimande

Hal senada disampaikan wakil ketua DPRD Kabupaten Cirebon dari fraksi Gerindra, Subhan. Menurutnya, belum adanya nama-nama Pj bupati yang akan diajukan, salah satunya karena saat akan melakukan rapat pembahasan, formasi selalu tidak lengkap. Sampai saat inipun akunya, belum ada komunikasi dengan Ketua Dewan terkait nama nama yang akan diusulkan.

Halaman :


Editor : Ahmad Sayuti

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita inliahkoran.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaGNP8EKrWR5pVfYAU1C
Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.