Kemendikbudristek Minta Guru PAUD Siapkan MPLS dengan Baik

Kemendikbudristek mendorong persiapan MPLS yang baik bagi guru PAUD untuk memperkenalkan lingkungan sekolah kepada siswa dengan baik. Isniyati Sulistiani dan Weny Savitri menyoroti pentingnya keterlibatan orang tua dalam mengurangi kecemasan anak-anak. Kolaborasi antara guru, orang tua, dan siswa diharapkan menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif dan menyenangkan bagi perkembangan anak-anak.

Kemendikbudristek Minta Guru PAUD Siapkan MPLS dengan Baik
Ketua Tim Kerja DPK Direktorat Guru Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kemendikbudristek, Isniyati Sulistiani. (Foto Antara)

JAKARTA,INILAHKORAN - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meminta para guru pendidikan anak usia dini (PAUD) untuk menyiapkan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) dengan baik.

Ketua Tim Kerja DPK Direktorat Guru Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kemendikbudristek, Isniyati Sulistiani, mengungkapkan bahwa tujuan MPLS bagi siswa adalah memperkenalkan mereka pada lingkungan baru di sekolah, termasuk guru, teman-teman, dan fasilitas sekolah lainnya.

"Diperlukan persiapan yang baik dari guru PAUD untuk memastikan MPLS berjalan lancar," kata Isniyati Sulistiani dalam Webinar Selasa SERU Kemendikbudristek di Jakarta dikutip INILAHKORAN dari Antara, Selasa, 12 Juni 2024.

Baca Juga : Kasus Ibu Muda yang Cabuli Anak Sendiri Masih Jadi Sorotan, Polisi Ungkap Peran Dua Terduga Pelaku

Selain memahami lingkungan sekolah, siswa PAUD diharapkan dapat membangun kekompakan, kebersamaan, serta memahami nilai dan budaya sekolah yang akan mereka jalani.

Isniyati menegaskan peran penting guru dalam mengenali potensi anak dan mengurangi rasa cemas serta stres yang mungkin timbul pada mereka, terutama ketika mereka pertama kali masuk ke sekolah.

Meskipun demikian, ia juga menekankan pentingnya kolaborasi antara orang tua dan guru dalam MPLS untuk menciptakan lingkungan sekolah yang menyenangkan bagi anak-anak.

Baca Juga : Eks Presiden PKS Lutfhi Hasan Ishaq Bebas Bersyarat

Menurutnya, MPLS adalah momen penting bagi orang tua dan guru untuk saling berkomitmen mengenai lingkungan sekolah yang ideal dan mendukung apa yang diperlukan oleh anak-anak.

Halaman :


Editor : Ghiok Riswoto