Miliki Garis Keturuan RA Wiranatakusumah II, Bacawalkot Bandung Arfi Rafnialdi Ziarah ke Makam Pendiri Bandung 

Bacawalkot Bandung Arfi Rafnialdi berziarah ke makam pendiri Bandung, RA Wiranatakusumah II di Makam Dalemkaum, Kota Bandung. Dia berziarah ke makam kakek neneknya yang tepat berada di belakang makam RA Wiranatakusumah II.

Miliki Garis Keturuan RA Wiranatakusumah II, Bacawalkot Bandung Arfi Rafnialdi Ziarah ke Makam Pendiri Bandung 
Perwakilan keluarga RA Wiranatakusumah II, Robby Maulana Zulkarnain menjelaskan Arfi Rafnialdi secara garis keturunan punya ikatan saudara dengan keluarga RA Wiranatakusumah II. (istimewa)

INILAHKORAN, Bandung - Bacawalkot Bandung Arfi Rafnialdi berziarah ke makam pendiri Bandung, RA Wiranatakusumah II di Makam Dalemkaum, Kota Bandung. Dia berziarah ke makam kakek neneknya yang tepat berada di belakang makam RA Wiranatakusumah II.

Perwakilan keluarga RA Wiranatakusumah II, Robby Maulana Zulkarnain menjelaskan Arfi Rafnialdi secara garis keturunan punya ikatan saudara dengan keluarga RA Wiranatakusumah II.

"Jadi ini makam pendiri Bandung RA Wiranatakusumah II. Saya mendampingi Arfi Rafnialdi karena ternyata sama-sama satu keturunan. Kang Arfi dari Prawiradilaga saya dari Wiranatakusumah," kata Robby, Selasa 11 Juni 2024.

Baca Juga : Libur Hari Raya Iduladha 1445 H, Daop 2 Bandung Tambah Tiga Perjalanan KA 

Pihaknya menuturkan, ziarah ini sebagai bentuk penghormatan kepada para leluhur yang telah berjuang untuk Kota Bandung.

"Hari ini kami berziarah, minta izin dan karomah. Apalagi Kang Arfi berniat memimpin Kota Bandung, jadi jangan melupakan sejarah. Dalam istilah Sunda kuno disebut hana nguni hana mangke, tan hana nguni tan hana mangke. Artinya, ada dahulu ada sekarang, tidak ada dahulu tidak ada pula sekarang. Jadi tak perlu diragukan lagi asal-usul Kang Arfi," ucapnya.

Sementara itu, Kang Arfi mengaku sering berziarah ke makam Dalemkaum karena keberadaan makam kakek neneknya dari garis ibu yakni Rd Didi Tarmidi Bin Soeradiredja dan Hj Rd Retnawiadi Bin Ramli Prawiradilaga.

Baca Juga : Jelang Idul Adha, Pedagang Hewan Kurban di KBB Raup Omzet Ratusan Juta

Menurut dia, berziarah ke makam para leluhur Kota Bandung selalu membawa semangat baru dalam upaya membuat kualitas hidup masyarakat lebih baik.

Halaman :


Editor : Doni Ramdhani

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita inliahkoran.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaGNP8EKrWR5pVfYAU1C
Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.