Berpotensi menjadi Wabah, Dinkes Kabupaten Bogor Pantau 24 Penyakit Menular

Sebanyak 24 penyakit menular dipantau dan dicegah menjadi wabah dan menjadi kejadian luar biasa (KLB). Dinkes Kabupaten Bogor pun membuat sistem laporan mingguan.

Berpotensi menjadi Wabah, Dinkes Kabupaten Bogor Pantau 24 Penyakit Menular
Adapun 24 jenis penyakit yang dipantau Dinkes Kabupaten Bogor itu di antaranya flu burung, flu singapura, demam berdara atau DBD, difteri, campak, tetanus, dan lainnya. (reza zurifwan)

INILAHKORAN, Bogor - Sebanyak 24 penyakit menular dipantau dan dicegah menjadi wabah dan menjadi kejadian luar biasa (KLB). Dinkes Kabupaten Bogor pun membuat sistem laporan mingguan.

"Dinas Kesehatan selalu memantau laporan mingguan, 24 penyakit menular kami pantau agar tidak menjadi wabah dan KLB," ujar Kabid Pelayanan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kabupaten Bogor Adang Mulyana kepada wartawan, Selasa 11 Juni 2024.

Adapun 24 jenis penyakit yang dipantau Dinkes Kabupaten Bogor itu di antaranya flu burung, flu singapura, demam berdara atau DBD, difteri, campak, tetanus, dan lainnya.

Baca Juga : Tinjau Posyandu Wijaya Kusuma, Jokowi Apresiasi Penurunan Angka Stunting Kota Bogor

"Jenis penyakit ke-24 itu termasuk penyakit baru yang belum masuk ke 23 nama yang sudah ada, seperti virus hanta, gondongan dan lainnya," sambung Adang Mulyana.

Ia menuturkan sebagai bagian dari upaya pencegahan menjadi wabah dan KLB, maka upaya Dinkes Kabupaten Bpgpr adalah melakukan imunisasi.

"Selain imunisasi, dilakukannya pola hidup bersih sehat (PHBS) dan mekakukan bersih-bersih di lingkungan karena ada beberapa penyakit yang ditularkan oleh nyamuk," tuturnya.

Baca Juga : Usai Sowan ke Iwan Setiawan, Sulhajji Jompa Temui Rudy Susmanto

Ia menjelaskan hingga awal Bulan Juni, tidak ada peningkatan penderita beberapa penyakit menular. Bahkan kasus DBD cenderung menurun jika dibandingkan bulan sebelumnya.

Halaman :


Editor : Doni Ramdhani

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita inliahkoran.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaGNP8EKrWR5pVfYAU1C
Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.