Tokopedia Klaim Penjualan F&B di Kota Bandung Melonjak Drastis

Kepala Divisi Komunikasi Tokopedia Rizky Juanita Azuz mengklaim, penjualan food and beverages (F&B) atau makanan serta minuman di Kota Bandung melonjak drastis sepanjang 2023.

Tokopedia Klaim Penjualan F&B di Kota Bandung Melonjak Drastis
foto: Yuliantono

INILAHKORAN, Bandung - Kepala Divisi Komunikasi Tokopedia Rizky Juanita Azuz mengklaim, penjualan food and beverages (F&B) atau makanan serta minuman di Kota Bandung melonjak drastis sepanjang 2023.

Kenaikan ini kata Rizky, tidak lepas dari manifestasi Hyperlocal Tokopedia yang konsisten dilakukan dalam mendongkrak UMKM, guna memulihkan ekonomi di Jawa Barat khususnya Kota Bandung.

Jumlah penjual di Bandung yang tergabung dalam Kumpulan Toko Pilihan (KTP) naik hampir dua kali lipat di kuartal III 2023 dibandingkan kuartal III 2022.

Baca Juga : Gelar Sisternet Goes to Campus, XL Axiata Ajak Mahasiswi Universitas Tanjungpura Atasi Bullying

“Di sisi lain, jumlah transaksi yang terjadi melalui Dilayani Tokopedia di Bandung meningkat drastis hingga hampir 28 kali lipat di semester I 2023 saat pascapandemi dibandingkan semester II 2019 saat prapandemi” ungkap Rizky, Rabu 22 November 2023.

Tidak hanya itu, pihaknya juga mencatat beberapa daerah di Jawa Barat dengan kenaikan jumlah transaksi tertinggi selama semester I 2023 saat pascapandemi dibandingkan semester II 2019 saat prapandemi, yaitu Bandung Barat, Bogor, Kuningan, Majalengka hingga Cimahi, dengan kenaikan rata-rata lebih dari dua kali lipat.

“Hyperlocal Tokopedia terdiri dari berbagai manifestasi, salah satunya Kumpulan Toko Pilihan (KTP) yang merupakan halaman kurasi produk penjual terdekat dari lokasi pembeli. Ada juga layanan pemenuhan pesanan Dilayani Tokopedia yang memungkinkan penjual menitipkan produk, misalnya makanan kering, di gudang-gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi,” ucapnya.
Maka dari itu sambung Rizky, Tokopedia terus menggencarkan inisiatif Hyperlocal yang mengusung teknologi geo-tagging agar UMKM di seluruh wilayah di Indonesia, termasuk Bandung, punya kesempatan yang sama untuk menciptakan peluang bisnis lewat pemanfaatan teknologi.
Di dalamnya ada kanal lain yakni Tokopedia NYAM!, halaman kurasi produk makanan dan minuman dari pelaku usaha di Indonesia termasuk UMKM di Bandung.

Baca Juga : Jelang Musim Penghujan, Berikut Tips Aman Pemakaian Listrik dari PLN

"Tokopedia pun melihat beberapa kategori produk yang paling populer selama semester I 2023, khususnya di Bandung, adalah Makanan dan Minuman, Kesehatan, Pertukangan, Rumah Tangga dan Otomotif. Khususnya pada kategori makanan dan minuman di Bandung, Tokopedia mencatat buah-buahan, kopi dan makanan siap saji merupakan beberapa produk makanan dan minuman yang paling laris di Tokopedia selama semester I 2023,” imbuhnya.
Salah satu yang tengah menonjol hasil UMKM di sektor makanan kata Rizky adalah Dendeng Kukuruyuk, dimana telah dimulai sejak 2012 silam dari resep turun temurun keluarga pemilik usaha, David Perdana Haryadi dan Novi Herawati.

Halaman :


Editor : JakaPermana