4.200 Penari di 4 Kota Meriahkan Indonesia Menari 2018

Ahad (11/11/2018) ini menjadi sejarah tersendiri bagi Djarum Foundation. Melalui program Bakti Budaya, CSR produsen rokok terbesar di Indonesia ini memberikan bentuk kepedulian pada budaya Indonesia k

4.200 Penari di 4 Kota Meriahkan Indonesia Menari 2018
1.200 peserta menari pada Indonesia Menari 2018 di 23 Paskal Shoping Center, Jl Pasirkaliki, Bandung
INILAH, Bandung - Ahad (11/11/2018) ini menjadi sejarah tersendiri bagi Djarum Foundation. Melalui program Bakti Budaya, CSR produsen rokok terbesar di Indonesia ini memberikan bentuk kepedulian pada budaya Indonesia khususnya tarian.
 
Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation Renitasari Adrian mengatakan, program Indonesia Menari 2018 ini dimeriahkan 4.200 penari. Secara serentak, mereka menari kompak di empat kota yaitu Jakarta, Bandung, Solo, dan Semarang.
 
Peserta kegiatan tahunan yang dilakukan sejak 2012 ini terdiri dari perorangan, berbagai komunitas generasi muda, sanggar tari, komunitas pecinta tari, sekolah dan universitas di Indonesia. Selain bersama-sama menari dan menunjukkan kemampuan, mereka pun berkompetisi untuk memperebutkan total hadiah ratusan juta rupiah.
 
"Untuk di Bandung, kegiatan positif ini digelar di 23 Paskal Shopping Center. Khusus di sini akan diikuti 1.200 peserta," kata Renita.
 
Menurutnya, Indonesia Menari 2018 ini dimulai serentak pada pukul 13.00 WIB dengan konsep indoor yang tersebar di beberapa area. Di Jakarta digelar di Grand Indonesia, Solo di Mall The Park, dan Bandung di 23 Paskal Shopping Centre.
 
Acara ini juga akan diramaikan dengan kehadiran para pekerja seni yang turut menari bersama dalam kemeriahan Indonesia Menari 2018 di masing-masing kota. Aktor Dimas Beck dan Ify Alyssa menari bersama ribuan peserta di Jakarta, Bisma Karisma dan Gloria Jessica menari bersama para peserta di Bandung, sedangkan Rafael dan Marsha Aruan akan meramaikan di Solo.
 
Khusus di Semarang, kegiatan diselenggarakan outdoor pada pukul 16.00. Sekitar 300 penari menari bersama di Taman Indonesia Kaya yang merupakan taman dengan panggung seni pertunjukan terbuka pertama di Jawa Tengah yang memberikan warna baru bagi Kota Semarang.
 
Indonesia Menari 2018 dilangsungkan dengan bentuk tarian massal koreografi yang menggabungkan beberapa gerakan tari tradisional nusantara dan tarian modern dengan durasi empat menit. Kegiatan menari itu diiringi musik aransemen Pongky Prasetyo yang menggabungkan lagu daerah dari Riau (Soleram), Kalimantan Selatan (Ampar-Ampar Pisang), Jawa Tengah (Cublak-Cublak Suweng), dan Papua (Yamko Rambe Yamko).
 
Tahun ini, koreografi Indonesia Menari 2018 dikonsep Ufa Sofura yang telah menggeluti dunia tari sejak usia 17 tahun. Kecintaannya pada dunia tari membawanya mengikuti beberapa kursus tari singkat di luar negeri, seperti di Singapura, 
 
Jepang, Amerika Serikat, dan Jerman. Ketekunannya pada dunia tari juga mengantarkannya meraih beragam prestasi dan memberikannya kesempatan untuk ikut serta dalam berbagai pentas tari, baik di dalam maupun luar negeri. Penari yang memiliki nama lengkap Sofura Maulida ini memadukan gerakan tari tradisional dan mengemasnya secara modern.
 
Para peserta dapat menyaksikan tutorial gerakan Indonesia Menari 2018 melalui www.indonesiakaya.com/indonesiamenari/2018/tutorial. Para peserta diwajibkan untuk mengikuti gerakan tari yang telah dikonsep, namun gerakan ini terbuka untuk dikreasikan oleh para peserta kelompok misalnya berkreasi di pola lantai/blocking, variasi tinggi rendah pada setiap gerakan.  
 
Pendaftaran peserta yang mengikuti Indonesia Menari 2018 ini gratis tanpa pungutan biaya dan terbuka untuk umum. Untuk pendaftar atas nama komunitas minimal membawa 5 orang peserta dan maksimal membawa 7 orang peserta. Tidak ada rentang umur bagi peserta, selama masih bisa mengikuti koreografi Indonesia Menari 2018 dengan sempurna.
 
Terkait hadiah, untuk kategori kelompok, juara 1 akan mendapatkan Rp25 juta, kuara 2 mendapatkan Rp20 juta, juara 3 mendapatkan Rp15 juta, dan juara favorit mendapatkan Rp10 juta. Selain itu, akan ada hadiah 1 unit laptop 10 inch persembahan dari blibli.com yang dipersiapkan untuk 5 orang pemenang ketegori individu. Selain itu akan dipilih Juga pemenang kostum terbaik untuk kelompok di Jakarta, Bandung dan Solo serta untuk 3 individu terpilih.


Editor : inilahkoran