Bahlil Lahadalia: Hilirisasi Jalan Menuju Indonesia Emas

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menegaskan hilirisasi bisa membantu mewujudkan cita-cita Indonesia Emas pada 2045. Menurutnya, upaya merupakan salah satu jalan untuk menciptakan sumber pendapatan negara

Bahlil Lahadalia: Hilirisasi Jalan Menuju Indonesia Emas
Menurutnya, salah satu mesin pendongkrak ekonomi untuk mencapai Indonesia Emas adalah hilirisasi. Bahlil Lahadalia mengungkapkan, Kementerian Investasi membuat Desain Besar untuk Hilirisasi di sektor minyak dan gas, mineral dan batubara, perkebunan, perikanan, kehutanan, dan pertanian. (cesar yudistira)

INILAHKORAN, Bandung - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menegaskan hilirisasi bisa membantu mewujudkan cita-cita Indonesia Emas pada 2045. Menurutnya, upaya merupakan salah satu jalan untuk menciptakan sumber pendapatan negara

“Kalau kita mau menuju Indonesia Emas, pertumbuhan ekonomi kita harus di atas 7 persen. Pendapatan per kapita kita harus di atas 10 ribu dolar AS. GDP kita harus 5-6 terbesar di dunia. Oleh karena itu dibutuhkan mesin pendongkrak ekonomi, salah satunya yaitu hilirisasi,” ujar Bahlil Lahadalia saat memberikan kuliah umum di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Kamis 11 Juli 2024.

Menurutnya, salah satu mesin pendongkrak ekonomi untuk mencapai Indonesia Emas adalah hilirisasi. Bahlil Lahadalia mengungkapkan, Kementerian Investasi membuat Desain Besar untuk Hilirisasi di sektor minyak dan gas, mineral dan batubara, perkebunan, perikanan, kehutanan, dan pertanian.

Baca Juga : Proyek Pipeline dan Beyond Pipeline PGN Tingkatkan Efektifitas Penyaluran Gas Bumi Domestik

“Kita menciptakan nilai tambah di sini, supaya menciptakan lapangan pekerjaan. Kalau lapangan pekerjaan tercipta, hilirisasi terbangun, pendapatan negara naik, upah naik, gaji pegawai negeri juga naik,” imbuhnya.

Untuk itu, Bahlil Lahadalia mengatakan pihaknya telah mendorong untuk setiap investasi yang masuk ke daerah, wajib berkolaborasi dengan pengusaha-pengusaha dan UMKM-UMKM di daerah.

“Orang daerah harus menjadi tuan di negeri sendiri, jangan jadi penonton. Tugas nanti praja-praja yang baru selesai pulang jadi pegawai daerah, tolong tuntun teman-teman yang baru selesai sekolah untuk menjadi pengusaha supaya mereka bisa membangun daerah dan ekonominya bisa dikuasai sendiri,” ucap Bahlil Lahadalia.

Baca Juga : Gas Bumi Beyond Pipeline CNG Subholding Gas Pertamina Mengalir di Balikpapan

Sementara itu, Rektor IPDN Hadi Prabowo mengungkapkan hilirisasi adalah merupakan proses transformasi ekonomi berkelanjutan yang mendasarkan pada komoditas bernilai tambah tinggi guna memasuki struktur ekonomi yang lebih kompleks.

Halaman :


Editor : Doni Ramdhani