Berapa Banyak Orang Baik Menikah dengan yang Buruk

BENARKAH orang baik itu pasti mendapatkan jodoh orang baik, dan orang jahat mendapat jodoh orang jahat pula?

Berapa Banyak Orang Baik Menikah dengan yang Buruk
Ilustrasi/Net

BENARKAH orang baik itu pasti mendapatkan jodoh orang baik, dan orang jahat mendapat jodoh orang jahat pula?

Realitanya tidak begitu! Berapa banyak orang baik yang mendapat orang jahat dan sebaliknya! Bahkan Nabi Nuh dan Nabi Luth, kedua Nabi tersebut isterinya kafir! Firaun, manusia paling kafir mempunyai isteri shalihah, yaitu Asiah binti Muzahim!

Ada beberapa penafsiran tentang ayat 26 dari surat An-Nur.

Baca Juga : Ketakutan Iblis Kepada Orang-orang Berilmu

Al-Imam Muhammad bin Jarir Abu Jafar Ath-Thabari (wafat 310 Hijriyah) rahimahullah dalam tafsirnya Jamiul Bayan Fi Tawilil Quran menjelaskan bahwa yang paling tepat diantara pendapat-pendapat dalam menafsirkan ayat tersebut adalah:

Ucapan yang buruk itu untuk laki-laki dan perempuan yang buruk. Manusia yang buruk itu tepat untuk ucapan yang buruk. Ucapan yang baik untuk laki-laki dan perempuan yang baik. Manusia yang baik itu tepat dan berhak serta layak untuk ucapan yang baik.

Beliau menjelaskan alasan memilih tafsir ini karena ayat 26 ini berhubungan dengan ayat-ayat sebelumnya yang berisi pencelaan dari Allah untuk orang-orang yang menuduh ibunda Aisyah radliyallahu anha dengan tuduhan keji padahal ibunda Aisyah radliyallahu anha terlepas dari tuduhan keji tersebut.

Baca Juga : "Iblis Melihatku, tetapi Aku Tidak Melihatnya!"

Al-Imam Muhyi As-Sunnah Abu Muhammad Al-Husain bin Masud Al-Baghawi (wafat 516 Hijriyah) rahimahullah dalam tafsirnya Maalimut Tanzil menjelaskan bahwa kebanyakan ahli tafsir menafsirkan seperti itu.

Halaman :


Editor : Bsafaat