Citi Indonesia Uji Kemampuan UMKM Pelajar SMA Bandung Raya

Pelajar dari lima SMA di Bandung dan Bandung Barat bersaing menunjukkan keterampilan mengelola usaha mikro berbasis sosial dalam kegiatan Regional Student Company Competition 2019 yang diselenggarakan oleh Citi Indonesia (Citibank) melalui payung seluruh kegiatan CSR-nya Citi Peduli dan Berkarya (Peka), bersama Prestasi Junior Indonesia (PJI). 

Citi Indonesia Uji Kemampuan UMKM Pelajar SMA Bandung Raya

INILAH, Bandung - Pelajar dari lima SMA di Bandung dan Bandung Barat bersaing menunjukkan keterampilan mengelola usaha mikro berbasis sosial dalam kegiatan Regional Student Company Competition 2019 yang diselenggarakan oleh Citi Indonesia (Citibank) melalui payung seluruh kegiatan CSR-nya Citi Peduli dan Berkarya (Peka), bersama Prestasi Junior Indonesia (PJI). 

Dalam kompetisi kewirausahaan ini, para pelajar memaparkan konsep bisnis yang dikembangkan serta memamerkan produk yang dihasilkan sebagai solusi atas sebuah permasalahan sosial. Kelima sekolah tersebut antara lain SMAN 1 Cisarua, SMAN 1 Ngamprah, SMAN 10 Bandung, SMAN 11 Bandung, dan MAN 2 Bandung.

Director Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia Elvera N Makki, mengungkapkan bahwa generasi muda perlu diberikan wadah untuk mengasah minat berwirausaha, mengembangkan kreativitas yang dimiliki, sekaligus melatih kepekaan menangkap peluang dari sebuah isu sosial. 

“Ini merupakan wujud komitmen Citi Indonesia untuk memberikan kesempatan ekonomi yang lebih luas bagi generasi muda, atau kami sebut youth economic opportunities serta mendukung pertumbuhan ekonomi, terutama yang diinisiasi oleh generasi muda,” kata Elvera pada Senin (8/7/2019).

Sambung dia, tingginya motivasi untuk berwirausaha tidaklah menjadi jaminan terhadap jumlah bisnis yang sungguh terbentuk. Sebanyak 44% anak muda berusaha untuk memulai sebuah bisnis, namun hanya 6% yang akhirnya benar-benar menjadi pengusaha. 

Berdasarkan hasil survei Pathways to Progress yang dilakukan oleh Citi Foundation dan Ipsos pada tahun 2017, 79% anak muda secara konsisten menyatakan bahwa mereka membutuhkan lebih banyak keterampilan dan pengetahuan sebelum memulai sebuah bisnis.  

“Indikasi ini semakin menegaskan komitmen Citi Indonesia untuk membantu generasi muda menemukan solusi dari tantangan berbisnis serta mewujudkan mimpi mereka menjadi wirausaha,” ucapnya.

Halaman :


Editor : Zulfirman