Huawei Ungguli Apple, Samsung Masih Teratas

Huawei mengungguli Apple di pasar smartphone global pada kuartal pertama tahun ini. Perusahaan asal China itu tercatat menduduki posisi kedua di bawah Samsung.

Huawei Ungguli Apple, Samsung Masih Teratas
Huawei mengungguli Apple di pasar smartphone global pada kuartal pertama tahun ini. Perusahaan asal China itu tercatat menduduki posisi kedua di bawah Samsung./net

INILAH, Bandung-Huawei mengungguli Apple di pasar smartphone global pada kuartal pertama tahun ini. Perusahaan asal China itu tercatat menduduki posisi kedua di bawah Samsung.

Data International Data Corporation (IDC) menyebut Huawei telah mengapalkan 310,8 juta unit smartphone secara global dalam tiga bulan pertama 2019. Meski terbilang cukup besar, jumlah tersebut turun 6,6 persen dari periode yang sama tahun lalu.

"Semakin jelas Huawei fokus ke pertumbuhan mereka dalam perangkat mobile, dengan ponsel pintar sebagai yang utama," kata Ryan Ryeith, direktur bagian perangkat mobile IDC, seperti dilansir AFP.

Pengapalan smartphone terbanyak alias nomor satu versi IDC masih ditempati oleh Samsung.

Secara global, pengiriman smartphone menurun selama enam kuartal berturut-turut. Tapi, Huawei tumbuh dari segi pengiriman sebanyak 50 persen atau sejumlah 59,1 juta unit.

Samsung juga turut mengalami penurunan sebesar 8,1 persen atau sejumlah 71,9 juta unit di kuartal pertama.

Sementara itu, bagi Apple, kuartal pertama 2019 merupakan periode yang menantang. iPhone telah dikapalkan 30,2 persen dari tahun lalu, sebanyak 36,4 juta unit.

Halaman :


Editor : JakaPermana