Kang AW Soroti Gedung Kesenian Bogor Tak Terawat

Tidak terawatnya Gedung Kesenian yang berada di Jalan Raya Tegar Beriman, Kelurahan Tengah, Cibinong membuat anggota DPRD Jawa Barat Asep Wahyuwijaya kecewa kepada Pemkab Bogor.

Kang AW Soroti Gedung Kesenian Bogor Tak Terawat
Tidak terawatnya Gedung Kesenian yang berada di Jalan Raya Tegar Beriman, Kelurahan Tengah, Cibinong membuat anggota DPRD Jawa Barat Asep Wahyuwijaya kecewa kepada Pemkab Bogor./Reza Zurifwan
INILAHKORAN, Cibinong-Tidak terawatnya Gedung Kesenian yang berada di Jalan Raya Tegar Beriman, Kelurahan Tengah, Cibinong membuat anggota DPRD Jawa Barat Asep Wahyuwijaya kecewa kepada Pemkab Bogor.
Karena bagaimanapun, anggaran pembangunan Gedung Kesenian tersebut bersumber dari bantuan keuangan Pemprov Jawa Barat, dimana nilainya mencapai Rp 15 miliar.
Sementara, saat ini kondisi Gedung Kesenian dalam kondisi tidak terawat mulai dari atap, dinding, toilet dan lainnya. Lalu, halaman Gedung Kesenian juga tidak dalam pemanfaatannya, karena hanya menjadi tempat parkir tamu yang sedang berkunjung ke Polres Bogor.
"Melihat kondisi Gedung Kesenian yang sudah lama tidak digunakan bahkan tidak terawat, saya melihat karena kakunya dan kurang kreatifnya kepemimpin daerah (Bupati Bogor)," kata Asep Wahyuwijaya kepada wartawan, Rabu, (01/02/2023).
Asep Wahyuwijaya menuturkan, jika melihat sosok Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan yang senang bermain musik, harusnya Gedung Kesenian dalam kondisi terawat dan menjadi tempat atau wadahnya budayawan, seniman maupun anak muda.
"Biudayawan, seniman maupun anak muda Kabupaten Bogor saya lihat tidak punya tempat yang representatif untuk menyalurkan bakatnya, selain Gedung Kesenian, Gedung KNPI juga kondisinya tak jauh beda. Hingga saya harapkan dua gedung tersebut segera direnovasi," tuturnya.
Pria yang akrab disapa Kang AW ini menambahkan, bahwa Gedung Kesenian maupun Gedung KNPI yang representatif akan menjadi wadah kebangkitan budayawan, seniman dan kepemudaan. Apalagi, dengan hadirnya SMKN 2 Cibinong.
"Selain sanggar, Kabupaten Bogor juga memiliki SMKN 2 Cibinong yang  jurusannya ada seni musik klasik dan produksi siaran televisi dan produksi film, Pemkab Bogor harus bisa menyediakan wadah kreatifitas mereka," tambahnya.
Sementara itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor yang berwenang dalam pengelolaan Gedung Kesenian mengaku akan melakukan penataan gedung tersebut hingga bisa digunakan untuk acara kebudayaan maupun kesenian.
"Insya Allah kami akan melakukan penataan dengan biaya sekitar Rp 1 miliar, mudah-mudahan setelah ditata bisa digunakan sebagaimana nama gedungnya," singkat Kepala Disbudpar Kabupaten Bogor Deni Humaedi. (Reza Zurifwan)***


Editor : JakaPermana

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita inliahkoran.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaGNP8EKrWR5pVfYAU1C
Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.