Kinerja Solid Sembilan Bulan Pertama 2022, XL Axiata Bukukan Pendapatan Rp21,62 Triliun

PT XL Axiata Tbk meraih kinerja solid sepanjang sembilan bulan pertama 2022. Pendapatan meningkat 9% (yoy) dari periode yang sama tahun sebelumnya menjadi sebesar Rp21,62 triliun. 

Kinerja Solid Sembilan Bulan Pertama 2022, XL Axiata Bukukan Pendapatan Rp21,62 Triliun
Presiden Direktur dan CEO XL Axiata Dian Siswarini mengatakan, catatan kinerja solid XL Axiata itu pun tampak dari EBITDA yang juga meningkat sebesar 5% (yoy) menjadi Rp10,38 triliun, dengan marjin sebesar 48% pada sembilan bulan pertama 2022. (istimewa)

INILAHKORAN, Bandung - PT XL Axiata Tbk meraih kinerja solid sepanjang sembilan bulan pertama 2022. Pendapatan meningkat 9% (yoy) dari periode yang sama tahun sebelumnya menjadi sebesar Rp21,62 triliun. 

Selain itu, catatan kinerja solid XL Axiata itu pun tampak dari EBITDA yang juga meningkat sebesar 5% (yoy) menjadi Rp10,38 triliun, dengan marjin sebesar 48% pada sembilan bulan pertama 2022.

Sedangkan, sepanjang pada sembilan bulan pertama 2022 itu pun laba bersih setelah pajak dan kepentingan non pengendali yang dinormalisasi atau normalized profit after tax and minority interest (NPATAMI) meningkat 17% menjadi Rp976 miliar. Pencapaian kinerja solid tersebut tetap ditopang dengan terus meningkatnya kualitas jaringan XL Axiata yang semakin membuat nyaman pelanggan saat menggunakan berbagai layanan telekomunikasi dan data. 

Baca Juga : Telkom Jabar Sambungkan Jaringan Fiber Optik Sepanjang 546 Km di Jabar Selatan

“Sejak awal 2022 kami bekerja keras untuk mewujudkan internet tercepat dan stabil di seluruh wilayah layanan di Indonesia. Tentu saja ini bukan pekerjaan mudah, tetapi hal ini harus kami wujudkan karena internet cepat dan stabil menjadi kebutuhan mendesak bagi pelanggan di semua wilayah. Hal ini juga menjadi kunci agar kami bisa tetap bisa bersaing di tengah kompetisi industri yang semakin ketat. Hasilnya cukup bagus, hingga periode sembilan bulan pertama 2022 ini, trafik kami meningkat hingga 26% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.  Ini berarti pelanggan merasakan semakin baiknya jaringan dan layanan XL Axiata yang kami sediakan,” kata Presiden Direktur dan CEO XL Axiata Dian Siswarini, Selasa 8 November 2022.  

Semakin nyamannya pelanggan di jaringan XL Axiata tercermin dari meningkatnya pendapatan layanan data dan digital di sepanjang sembilan bulan pertama 2022 sebesar 9% YoY, dan tumbuh mencapai Rp 19,71 triliun. Pendapatan dari data dan layanan digital ini mencapai porsi lebih dari 91% terhadap total pendapatan perusahaan. 

Sementara itu, total jumlah pelanggan XL Axiata mencapai 57,4 juta, dengan porsi jumlah pelanggan layanan prabayar sebanyak 55,9 juta. Pelanggan yang menggunakan 4G mencapai 92,2%. Sedangkan blended ARPU (average revenue per user) pada kwartal 3 2022 ini tercatat sebesar Rp40 ribu, meningkat dari Rp37 ribu di periode yang sama tahun sebelumnya. Hal ini menunjukkan kemampuan XL Axiata menjaga perkembangan pelanggan yang sehat.

Baca Juga : Jabar Tanah Investor Saham Syariah Terbesar dan Teraktif di Tanah Air

Upaya peningkatan kualitas dan perluasan jaringan terus XL Axiata lakukan di sepanjang sembilan bulan terakhir, melanjutkan program yang sama di tahun-tahun sebelumnya. Untuk itu, XL Axiata menerapkan berbagai teknologi penunjang yang sesuai, antara lain teknologi Smart FDD 8T8R untuk meningkatkan throughput hingga 200% dibandingkan teknologi 4T4R, dan sekaligus menghemat biaya energi hingga 26%. Selain itu, XL Axiata juga melanjutkan penataan ulang teknologi (refarming) dengan mematikan jaringan 3G, dan kini telah mencapai 95%, dengan sisa BTS 3G yang masih beroperasi sebanyak 1.989 unit. 

Halaman :


Editor : Doni Ramdhani