Lokatmala Foundation Dinilai Guru Besar UPI Hadirkan Seni Budaya Bermartabat

Guru Besar Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Prof. Dr. Yus Rusyana, mengatakan, Yayasan Kebudayaan Lokatmala Indonesia atau Lokatmala Foundation mampu menghadirkan seni budaya secara bermartabat.

Lokatmala Foundation Dinilai Guru Besar UPI Hadirkan Seni Budaya Bermartabat
istimewa

INILAHKORAN, Bandung - Guru Besar Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Prof. Dr. Yus Rusyana, mengatakan, Yayasan Kebudayaan Lokatmala Indonesia atau Lokatmala Foundation mampu menghadirkan seni budaya secara bermartabat.

Hal tersebut diungkapkan Prof. Yus, begitu ia  akrab disapa, selepas menonton Pertunjukan Musikal ‘Dari Pancaniti ke Ceurik Oma’ di Gedung Assakinah Cianjur, kemarin ini.

“Kita hendaknya terus memajukan seni budaya bangsa sendiri, jangan sampai seni budaya kita terdesak oleh pengaruh asing,” ungkapnya, saat ditemui di Bandung, Kamis (11/7/2024).

Baca Juga : Gelar Pelatihan Cyber Security Awareness, Telkom Arahkan Siswa Belajar Bijak Menggunakan Internet

Salah satu caranya, kata Prof. Yus, adalah mengadakan pembaharuan dengan tetap bertumpu pada tradisi yang kita miliki. Kemudian hasilnya dihadirkan kepada masyarakat secara bermartabat.

“Itulah rupanya yang diusahakan oleh Grup Lokatmala, yang diketuai oleh Wina Rezky Agustina, dengan menyelenggarakan Pertunjukan Musikal  "Dari Pancaniti ke Ceurik Oma” di Cianjur,” tutur guru besar yang juga mengajar di Universitas Suryakancana (Unsur) Cianjur ini.

Menurutnya, sebagai salah seorang yang hadir sebagai penonton pada pertunjukan yang dihelat Lokatmala Foundation, ia melihat pertunjukan itu bertumpu pada seni tembang, seni ibing Sunda dan seni dangdan (fashion) Sunda.

Baca Juga : Grab Indonesia Luncurkan Pusat Keamanan dan Keselamatan untuk Wisatawan di 9 Kota Secara Serentak

“Pertunjukan malam itu mendapat sambutan masyarakat masa kini yang menontonnya dengan gembira,” sambungnya.

Halaman :


Editor : JakaPermana