Tokopedia dan Unilever Dorong UMKM Perempuan Jabar Melek Digital 

Keberadaan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal menjadi fokus konsentrasi Tokopedia dan Unilever. Terutama, UMKM perempuan yang diharapkan nantinya menjadi mitra strategis perusahaan teknologi.

Tokopedia dan Unilever Dorong UMKM Perempuan Jabar Melek Digital 
Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Pemerintah Daerah Tokopedia Emmiryzan mengatakan, bersama Unilever Indonesia dan Pemprov Jabar pihaknya mengadakan Kelas Perempuan Maju Digital (KPMD). Menurutnya, kegiatan pelatihan itu merupakan kelanjutan dari penandatangan kerja sama dalam rangkaian program B20 Indonesia Women in Business Action Council yang didedikasikan untuk memberdayakan pelaku UMKM perempuan. (istimewa)

INILAHKORAN, Bandung - Keberadaan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal menjadi fokus konsentrasi Tokopedia dan Unilever. Terutama, UMKM perempuan yang diharapkan nantinya menjadi mitra strategis perusahaan teknologi.

Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Pemerintah Daerah Tokopedia Emmiryzan mengatakan, bersama Unilever Indonesia dan Pemprov Jabar pihaknya mengadakan Kelas Perempuan Maju Digital (KPMD). Menurutnya, kegiatan pelatihan itu merupakan kelanjutan dari penandatangan kerja sama dalam rangkaian program B20 Indonesia Women in Business Action Council yang didedikasikan untuk memberdayakan pelaku UMKM perempuan

“Ini merupakan keempat kalinya Tokopedia mengadakan KPMD setelah sukses diselenggarakan di Bali dan Surabaya. Kami berharap lewat KPMD bersama Unilever ini, Tokopedia dapat turut membantu meningkatkan daya saing pelaku UMKM lokal, khususnya UMKM perempuan agar mampu menjadi tuan rumah di negeri sendiri serta semakin menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia,” ujarnya, beberapa waktu lalu.

Baca Juga : Di SOE International Conference 2022, PLN Jalin Kolaborasi Kembangkan Ekosistem Kendaraan Listrik 

Menurutnya, jumlah penjual perempuan di Tokopedia meningkat sebesar hampir dua kali lipat selama semester I 2022 dibandingkan periode sama 2021. Tokopedia juga mencatat Bandung, Jakarta, Surabaya, Medan, dan Semarang sebagai wilayah dengan jumlah penjual dan pelaku UMKM perempuan paling banyak.

Senada dengan  itu, Equity, Diversity and Inclusion Lead Unilever Indonesia Foundation Marini Fabiano menyebutkan kegiatan itu sejalan dengan strategi The Unilever Compass. Menurutnya, Unilever berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam menciptakan masyarakat yang lebih adil dan inklusif yang diwujudkan melalui upaya kami dalam mengembangkan keterampilan kewirausahaan dan menyediakan akses ke mentoring serta pendampingan bagi perempuan dan UMKM. 

“Melalui kolaborasi dengan Tokopedia, kami berharap UMKM perempuan, khususnya di Jawa Barat, dapat terus bertumbuh dan berdaya saing,” ujar Marini.

Baca Juga : W20 Sispreneur Dorong Perempuan Pelaku UMKM Terus Kembangkan Bisnis

Sedangkan, Ketua Umum Sekoper Cinta Atalia Praratya Kamil merespons positif kolaborasi Tokopedia dan Unilever Indonesia dalam menghadirkan kegiatan KPMD di Jabar.

Halaman :


Editor : Doni Ramdhani