UIN SGD Bandung Siap Laksanakan MBKM Tahun Akademik 2021/2022

UIN SGD Bandung siap melaksanakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) mulai tahun akademik 2021/2022.

UIN SGD Bandung Siap Laksanakan MBKM Tahun Akademik 2021/2022
Wakil Rektor Bidang Akademik, Rosihon Anwar. (okky adiana)

INILAH, Bandung - Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD) Bandung siap melaksanakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) mulai tahun akademik 2021/2022. Sejumlah persiapan terus dilakukan, salah satunya menyampaikan sosialisasi pedoman MBKM kepada semua Ketua dan Sekretaris Program Studi secara daring.

“Dukungan penuh dari Pak Rektor dan semua pimpinan untuk merealisasikan program MBKM membuat kami optimis, mulai tahun akademik 2021/2022, kita dapat melaksanakan program MBKM. Tentu saja ini semua bertahap prosesnya,” ujar Wakil Rektor Bidang Akademik, Rosihon Anwar, saat membuka dan memberikan arahan kegiatan Sosialisasi Pedoman MBKM kepada Program Studi di lingkungan UIN SGD Bandung, Senin (12/7/2021).

Rosihon juga mengapresiasi semua pihak, tim penyusun panduan, dan secara khusus Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) yang memastikan program MBKM siap dilaksanakan.

Baca Juga : Pelayanan TPU Cikadut Berjalan Normal Meski Ditemukan Praktek Pungli

“Perjanjian kinerja Pak Rektor tahun ini, 50 persen sudah menyelenggarakan program MBKM. Tahapannya lumayan lama, dan alhamdulillah sudah mendapatkan persetujuan senat universitas. Sejak MBKM ini diluncurkan oleh pemerintah, kami terus berdiskusi, studi banding, workshop, seminar, tim melakukan penyusunan draf dan memastikan persiapan berjalan dengan baik. Kami yakin, kita terdepan dan paling siap melaksanakan MBKM di antara Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI),” papar Rosihon.

Rosihon pun mengingatkan, baik mahasiswa maupun dosen harus menyadari bahwa dalam praktiknya, misalnya program pertukaran pelajar ke perguruan tinggi lain, mereka akan menjadi duta UIN SGD Bandung.

“Saat melakukan kegiatan di luar kampus, kita semua yang terlibat merupakan duta kampus tercinta ini. Karena itu, lakukan lah yang terbaik. Bapak/Ibu yang ada di program studi, ini adalah bentuk layanan akademik yang harus secara maksimal terus kita lakukan, agar mutu akademik kampus ini semakin unggul,” tegasnya.

Baca Juga : Kantongi Sabu 1 Kg, Warga Bandung Ini Diringkus Polisi

Sementara itu, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), Ija Suntana menjelaskan, bahwa aplikasi yang dipergunakan untuk pelaksanaan program adalah https://merdekabelajar.uinsgd.ac.id/reg/. Tidak hanya mahasiswa dari perguruan tinggi keagamaan Islam dan Perguruan Tinggi Umum, program MBKM di UIN Bandung juga dipersiapkan untuk mahasiswa dari luar negeri.

Halaman :


Editor : suroprapanca