1.832 Tenaga Kesehatan di Kota Bandung Mendapat Vaksin Booster

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, sebanyak 1.832 sumber daya manusia (SDM) kesehatan telah mendapat vaksin dosis ke-3 jenis Astrazeneca untuk meningkatkan perlindungan terhadap Covid-19. 

1.832 Tenaga Kesehatan di Kota Bandung Mendapat Vaksin Booster
Foto: Yogo Triastopo

INILAH, Bandung - Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, sebanyak 1.832 sumber daya manusia (SDM) kesehatan telah mendapat vaksin dosis ke-3 jenis Astrazeneca untuk meningkatkan perlindungan terhadap Covid-19. 

"Jadi yang diberikan dosis ketiga adalah tenaga kesehatan. Jenis vaksinnya Astrazeneca. Kalau Sinovac, efikasinya hanya sekitar 60 persen," kata Yana di Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, Jumat (6/8/2021). 

Menurutnya, SDM kesehatan menjadi prioritas dalam pemberian vaksin Aztrazeneca. Vaksin ini disebut-sebut sebagai booster karena dinilai memiliki efikasi atau tingkat kemanjuran vaksin yang lebih baik dalam melawan suatu penyakit dibanding Sinovac. 

Baca Juga : Tunggu Perkembangan Kasus, Oded Minta Warga Bersabar Merayakan Kemerdekaan RI

"Nakes ini kan rentan terpapar, karena berhadapan langsung dengan mereka yang terpapar Covid-19. Karena nakes ini kan tidak tahu, mereka ini berasal dari zona hitam atau apa. Sehingga perlindungan terhadap nakes harus diberikan optimal," ucapnya. 

Dirinya pun berharap, pemberian vaksin ketiga kepada tenaga kesehatan bisa memberikan perlindungan ekstra. Sehingga ditambahkan dia, potensi terpapar Covid-19 bagi garda terdepan dalam penanganan pandemi Covid-19 itu dapat lebih rendah. 

"Dengan dosis ketiga ini, mudah-mudahan kita berharap efikasi dapat meningkat. Lalu antibodi juga ikut meningkat. Intinya sih sebagai booster, untuk memberikan perlindungan lebih kepada mereka-mereka ini yang berada di garda terdepan," ujarnya. (Yogo Triastopo) 

Baca Juga : Begini Kunci Sukses Apriana Elizabeth, Wisudawan Terbaik Progam Sarjana Unpad


Editor : Doni Ramdhani