Bikin Nyaman Penumpang, Citilink Siap Gunakan Hasil Tes COVID-19 Digital

Ada kabar baik bagi calon penumpang transportasi udara. Maskapai penerbangan Citilink memberikan kemudahan dengan digitalisasi surat hasil tes COVID-19 melalui eHAC.

Bikin Nyaman Penumpang, Citilink Siap Gunakan Hasil Tes COVID-19 Digital

INILAH, Cengkareng - Ada kabar baik bagi calon penumpang transportasi udara. Maskapai penerbangan Citilink memberikan kemudahan dengan digitalisasi surat hasil tes COVID-19 melalui eHAC.

Kalau tak ada aral, penggunaan surat hasil tes COVID-19 melalui eHAC ini efektif dijalankan pada Februari 2021. "Penerapan digitalisasi surat hasil tes COVID-19 melalui eHAC ini, merupakan salah satu upaya dalam meminimalisir kontak yang bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan penumpang dalam melakukan perjalanan," papar Direktur Utama Citilink Juliandra di Cengkareng, Banten, Minggu (24/1/2021). .

"Diberlakukannya digitalisasi ini diharapkan mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk kembali menggunakan transportasi udara untuk bepergian," imbuh Juliandra.

Baca Juga : Ternyata, Ini Penyebab Anak Gatal-gatal Saat Pindah ke Tempat Baru

Bagi calon penumpang yang telah melakukan tes COVID-19 di fasilitas kesehatan (faskes) yang terdaftar di aplikasi eHAC, kata dia, nantinya pihak faskes akan mengirim hasil tes yang menyatakan negatif ke eHAC penumpang.

Selanjutnya, calon penumpang akan mendapat QR Code di aplikasi eHAC, kemudian QR Code tersebut akan diperiksa di check-in counter ataupun di Security Check Point (SCP2) bagi calon penumpang yang melakukan self-check-in, atau mobile/web-check-in.

Untuk memiliki QR Code surat hasil PCR/Rapid Test secara digital tersebut, calon penumpang hanya dapat melakukan PCR/Rapid Test di faskes yang terdapat di dalam aplikasi eHAC. Sehingga, bagi calon penumpang yang akan melakukan perjalanan diwajibkan untuk memiliki Paspor Kesehatan pada website atau mobile apps eHAC.

"Penerapan digitalisasi surat hasil tes COVID-19 ini dilakukan secara bertahap yang telah di mulai di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Ke depannya kami berharap implementasi digitalisasi ini dapat diterapkan di seluruh bandara di Indonesia, sehingga akan dapat lebih meningkatkan kemudahan bagi penumpang dalam melakukan perjalanan," tambah Juliandra.

Citilink senantiasa tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat di seluruh lini operasional penerbangannya, baik dari pre-, in-, hingga post-flight dengan mengacu pada ketentuan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah untuk dapat memastikan seluruh penerbangan berjalan secara optimal dengan tetap memprioritaskan kesehatan dan keamanan bagi seluruh pelanggan. [tar]

Baca Juga : Muncul Alergi Kulit Selama WFH? Jangan-jangan karena Stres...


Editor : Bsafaat