Ingin Pantau Sungai Citarum di Darat dan Udara, Pemprov Jabar Pasang CCTV

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi Jawa Barat Herman Suryatman mengatakan, pemasangan CCTV di Sungai Citarum bertujuan untuk melakukan pemantauan secara lebih optimal, baik di darat maupun udara.

Ingin Pantau Sungai Citarum di Darat dan Udara, Pemprov Jabar Pasang CCTV

INILAHKORAN, Bandung - Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi Jawa Barat Herman Suryatman mengatakan, pemasangan CCTV di Sungai Citarum bertujuan untuk melakukan pemantauan secara lebih optimal, baik di darat maupun udara.

Tak lain tujuannya sambung Sekda Herman, guna mencegah pencemaran oleh oknum baik masyarakat maupun industri, yang membuang limbah ke Sungai Citarum.

Mengingat Pemprov Jabar kata Sekda Herman, menargetkan indeks kualitas air Sungai Citarum berada di 60 poin atau baik, pada akhir 2025 mendatang sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 15 Tahun 2018 tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum yang diinisiasi Presiden Joko Widodo.

Baca Juga : Ini Sebab Mundurnya Groundbreaking TPPAS Legoknangka

"Kami siapkan dukungan teknologi. Cakupannya (Sungai Citarum) cukup luas, tentu perlu dikontrol khusus untuk titik rawan. Diskominfo (Jabar) akan mapping, yang ada infrastruktur pendukung, kita akan pasang CCTV," ujar Sekda Herman di Kabupaten Bandung baru-baru ini.

Penerapan CCTV ini lanjut Sekda Herman, tentunya akan semakin memudahkan dalam melakukan pengawasan karena dapat dikontrol secara jarak jauh.

Walaupun diakuinya tidak mudah dan butuh proses, sebab harus ada dukungan infrastruktur tambahan dalam pemasangan CCTV atau kamera pengawas tersebut.

Baca Juga : DLH Jabar Ingatkan Bandung Raya Jangan Boros, Kuota TPPAS Sarimukti Menipis

"Listrik, internet. Jadi supaya bisa realtime. (Kalau sudah terpasang CCTV) Bisa lihat dari gadget untuk kontrol. Offline kita dorong, online kita set up," pungkasnya. (Yuliantono)


Editor : Ahmad Sayuti

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita inliahkoran.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaGNP8EKrWR5pVfYAU1C
Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.