Mengenal Sistem Penggerak Roda Mobil di Daihatsu

Saat ini, industri otomotif hadir menawarkan berbagai inovasi untuk menambah kenyamanan penggunanya. Salah satunya bisa dilihat dari perkembangan sistem penggerak roda mobil.

Mengenal Sistem Penggerak Roda Mobil di Daihatsu
istimewa

INILAH, Jakarta - Saat ini, industri otomotif hadir menawarkan berbagai inovasi untuk menambah kenyamanan penggunanya. Salah satunya bisa dilihat dari perkembangan sistem penggerak roda mobil.

Sebagai penyalur tenaga dari mesin ke roda, rangkaian sistem kemudi ini menjadi hal yang penting untuk menentukan performa sebuah mobil, seperti kenyamanan, kestabilan, dan efisiensi.

Di dunia otomotif, terdapat lima jenis konfigurasi sistem penggerak mobil, yakni FF (Front Engine-Front Wheel Drive), FR (Front Engine-Rear Wheel Drive), MR (Mid Engine-Rear Wheel Drive), RR (Rear Engine-Rear Wheel Drive), dan 4WD/AWD (Four Wheel Drive/All-Wheel Drive).

Baca Juga : Kembangkan Industri Fesyen, Skye Suites Sepakat Kolaborasi dengan AAFW

Di pasar mobil Indonesia sendiri, sistem penggerak FF dan FR yang paling banyak diminati.

Pada sistem kemudi FF, mesin mobil berada di bagian depan dan penggerak mobil berada di roda depan. Sedangkan pada sistem FR, mesin mobil berada di bagian depan dan penggerak mobil terdapat pada roda belakang.

Pabrikan otomotif Astra Daihatsu Motor (ADM) memiliki line-up mobil yang menggunakan kedua pilihan konfigurasi sistem penggerak tersebut untuk memproduksi kendaraan yang nyaman dan efisien. Masing-masing memiliki keunggulan dan karakteristiknya sendiri.

Baca Juga : Saling Untung, Kenali Model Kerja Sama Pesan-Antar Makanan Online

Pada mobil dengan sistem penggerak FF, seperti Daihatsu Sirion, Ayla, dan Sigra, bobot mobil menjadi lebih ringan dikarenakan tidak adanya tambahan komponen pada sistem penggerak yang menghubungkan putaran mesin dari depan ke roda belakang. Hal ini membuat konsumsi energi bahan bakar menjadi lebih irit.

Halaman :


Editor : JakaPermana