Menteri Teten Dukung Sampoerna Berdayakan Warung

Paguyuban Sampoerna Retail Community (SRC) mendorong daya saing bisnis ritel melalui penyelenggaraan Festival SRC Indonesia 2019 yang dihadiri lebih dari 3.000 pelaku UKM, termasuk toko kelontong.

Menteri Teten Dukung Sampoerna Berdayakan Warung
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Teten Masduki

INILAH, Jakarta - Paguyuban Sampoerna Retail Community (SRC) mendorong daya saing bisnis ritel melalui penyelenggaraan Festival SRC Indonesia 2019 yang dihadiri lebih dari 3.000 pelaku UKM, termasuk toko kelontong.

Festival yang berlangsung di Parkir Timur Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta ini, merupakan rangkaian festival yang dilaksanakan di 13 kota seluruh Indonesia, dalam rentang waktu 17 November-8 Desember 2019. Acara ini bertujuan meningkatkan daya saing UKM sektor ritel, sekaligus memperkenalkanekosistem SRC kepada konsumen.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Teten Masduki dalam sambutan pada acara Festival SRC Indonesia 2019, mengungkapkan apresiasinya terhadap langkah yang dilakukan PT HM Sampoerna Tbk (Sampoerna) dalam memberdayakan
warung-warung masyarakat.

"Agar dapat bersaing dengan retail-retail maka diperlukan pembinaan yaitu dengan
melakukan moderenisasi, mulai dari pembinaan kepada pemilik toko agar dapat memberikan pelayanan yang ramah, penataan barang yang rapi, hingga adanya aplikasi yang memungkinkan warung-warung rakyat ini bisa mendapatkan suplai barang dagangan yang sama dengan suplai yang diterima oleh retail modern" ujar Teten.

Festival ini mengajak masyarakat untuk mendukung pertumbuhan UKM lewat gerakan
#BerbelanjaDekatRumah (BERKAH). Gerakan ini merupakan seruan kepada masyarakat untuk memilih berbelanja di toko kelontong di sekitar tempat tinggal mereka. Gerakan ini juga merupakan upaya pelestarian tradisi, mengingat berbelanja di toko kelontong sarat akan nilai sosial dan ekonomi Indonesia sejak dulu.

Perwakilan Paguyuban SRC Jakarta dan sekitarnya, Tri Mulyani mengatakan, inisiatif ini datang dari paguyuban SRC sebagai semangat untuk menciptakan perubahan dari hal-hal kecil di lingkungan sekitar masyarakat "Dengan hadirnya SRC untuk masyarakat, peluang baru bagi UKM di lingkungan sekitar dapat diwujudkan bersama-sama," ujar Tri Mulyani.

Informasi saja, SRC merupakan jaringan toko kelontong masa kini, binaan PT HM Sampoerna Tbk(Sampoerna) yang telah berjalan 11 tahun. Pada awal pembentukan d 2008, SRC beranggotakan 57 toko kelontong di Medan. Kini jumlahnya terus bertumbuh hingga lebih dari 120.000 toko di 34 provinsi seluruh Indonesia.

Halaman :


Editor : JakaPermana